PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DI SDN 2 PATOKAN TAHUN AJARAN 2023/2024

  • Sindi Tri Susanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Reky Lidyawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Heldie Bramantha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Hasil belajar memiliki makna pencapaian taraf keberhasilan yang telah di dapatkan setelah mengikuti proses belajar yang telah dilalui oleh seseorang, tidak berhenti sampai di angka akhir yang telah dicapai namun hasil belajar juga dapat dilihat dari perubahan pola tingkah laku atau perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang. Pembelajaran di sekolah yang masih menggunakan model konvensional berupa penugasan dan metode ceramah kurang memberikan hasil belajar yang baik dan efektif, hal ini berdasarkan pada kegiatan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model examples non examples dibanding dengan model konvensional Nilai rata-rata kelas kontrol 63,82 sedangkan kelas eksperimen 77,41. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 3.500 dan ttabel = 2.032 maka thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Hasil belajar memiliki makna pencapaian taraf keberhasilan yang telah di dapatkan setelah mengikuti proses belajar yang telah dilalui oleh seseorang, tidak berhenti sampai di angka akhir yang telah dicapai namun hasil belajar juga dapat dilihat dari perubahan pola tingkah laku atau perilaku yang ditunjukkan oleh seseorang. Pembelajaran di sekolah yang masih menggunakan model konvensional berupa penugasan dan metode ceramah kurang memberikan hasil belajar yang baik dan efektif, hal ini berdasarkan pada kegiatan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model examples non examples dibanding dengan model konvensional Nilai rata-rata kelas kontrol 63,82 sedangkan kelas eksperimen 77,41. Hal ini dapat dilihat juga pada hasil penghitungan uji-t nilai pos-tes kedua kelas dengan menunjukkan thitung = 3.500 dan ttabel = 2.032 maka thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima.

References

Anuriah, Sugianto, R,. Afrom, I,. Sapriline. 2022. Pengaruh Penggunaan Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Dahian Tunggal Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang
Devita, I., & Mayasari, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Kota Jambi. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 4(2), 29-39.
Epi, S., Lilik, S., Sofia, F., R., Rinda, R., Heri, G. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswadi Sekolah : Journal on Education
Khasanah, U. A., Livana, P. H., & Indrayati, N. 2019. Hubungan Perkembangan Psikososial dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah.Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa,2(3), 157- 162.
Kusrini, N., Trisna, I. N., & Ikhtiarti, E. (2022). Pelatihan pembuatan video animasi pembelajaran bahasa prancis berbasis powtoon kepada guru bahasa prancis se-lampung. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 108-121.
Nasution, S., & Nurbaiti, A. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII. Guepedia.
Puspitaningtyas, R.A. (2020). Penggunaan Metode Example non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. IKA : Ikatan Alumni PGSD UNARS , 8/(2), 3.
Rahmawati, L,. Said, M,. Poly, Y. 2022. Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Examples Non Examples di SMP Negeri 3 Pesawaran Lampung : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Salamah, A. U., & Iriani, T. (2023, September). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Kuliah Struktur Beton 2: Tinjauan Literatur Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. In Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil (SPKTS) (Vol. 1).
Sugiyono.2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan
R&D.Bandung: ALFABETA.
Wahyuni, S,. P,. N,. Widiastuti, K,. G,. L,. N,. Santika, N,. G,. I. 2022.
Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Wijoyo, H. (2022). Analisis teknik wawancara (pengertian wawancara, bentuk-bentuk pertanyaan wawancara) dalam penelitian kualitatif bagi mahasiswa teologi dengan tema pekabaran injil melalui penerjemahan alkitab. Academia. Edu, 1-10.
Zakariah, M,. A,. Afriani, V,. & Zakariah, K,. M. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D), Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Published
2024-10-31
How to Cite
SUSANTI, Sindi Tri; LIDYAWATI, Reky; BRAMANTHA, Heldie. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DI SDN 2 PATOKAN TAHUN AJARAN 2023/2024. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 376-384, oct. 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/5473>. Date accessed: 06 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i2.5473.