PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TIK PADA SISWA KELAS VII MTS AL-HIDAYAH SEMAMBUNG KEC. JATIBANTENG KAB. SITUBONDO
Abstract
Pembelajaran cooperative dengan teknik Jigsaw adalah salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil yang disusun berdasarkan keahlian atau tugas tertentu. Teknik ini mengharuskan setiap anggota kelompok mempelajari bagian dari materi pembelajaran yang berbeda, lalu mengajar kembali materi tersebut kepada anggota kelompok lainnya. Dengan demikian, setiap siswa menjadi ahli dalam bagian tertentu dari materi tersebut dan bertanggung jawab untuk memastikan pemahaman bersama di antara anggota kelompoknya. Teknik Jigsaw mendorong partisipasi aktif, kerjasama tim, dan tanggung jawab bersama dalam proses pembelajaran, serta mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam melalui diskusi dan pengajaran ulang antar sesama siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa Minat belajar siswa dalam pembelajaran TIK serta variasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru tidak memadai, sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru TIK tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Media Pembelajaran Cooperatife Dengan Teknik Jigsaw pada mata pelajaran TIK pokok bahasan Jaringan Komputer. Dengan menggunakan sample siswa kelas VII Mts Al-Hidayah Semambung. Teknik tes dalam penelitian ini melalui penilaian kelompok dan individu. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian disimpulkan bahwa Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,00% sedangkan pada siklus II sebesar 85,00% sehingga mengalami peningkatan sebesar 15,00%.
Downloads
Abstract
Pembelajaran cooperative dengan teknik Jigsaw adalah salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil yang disusun berdasarkan keahlian atau tugas tertentu. Teknik ini mengharuskan setiap anggota kelompok mempelajari bagian dari materi pembelajaran yang berbeda, lalu mengajar kembali materi tersebut kepada anggota kelompok lainnya. Dengan demikian, setiap siswa menjadi ahli dalam bagian tertentu dari materi tersebut dan bertanggung jawab untuk memastikan pemahaman bersama di antara anggota kelompoknya. Teknik Jigsaw mendorong partisipasi aktif, kerjasama tim, dan tanggung jawab bersama dalam proses pembelajaran, serta mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam melalui diskusi dan pengajaran ulang antar sesama siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa Minat belajar siswa dalam pembelajaran TIK serta variasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru tidak memadai, sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru TIK tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Media Pembelajaran Cooperatife Dengan Teknik Jigsaw pada mata pelajaran TIK pokok bahasan Jaringan Komputer. Dengan menggunakan sample siswa kelas VII Mts Al-Hidayah Semambung. Teknik tes dalam penelitian ini melalui penilaian kelompok dan individu. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian disimpulkan bahwa Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,00% sedangkan pada siklus II sebesar 85,00% sehingga mengalami peningkatan sebesar 15,00%.
References
Anggrayani, S. (2019). Penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pai kelas x di sekolah menengah atas negeri 04 kaur. Skripsi.
Dasar, D. I. S. (2020). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK ) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN. 1.
Djabba, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 48 Parepare the Implementation of Cooperative Learning Model Jigsaw Type in Improving Students Science Learning Outcomes At Class V Sd Negeri. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 21–26.
Husaimah, S. F., Rapi, M., & Syahriani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Permainan Truth and Dare Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA Negeri 6 Bone. Jurnal Al-Ahya, 3(1), 19–28.
Kristanti, M., & Mukti, T. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 18–26. https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.200
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama, hal. 111. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama, hal. 111. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Santoso, Slamet. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama, hal. 111. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.
Mardliyah, A. (2015). Metode Jigsaw Solusi Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Edukasia: Jurnal Penelitian PendidikanIslam,10(2),229–254.https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.793