ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN PROMOSI DAN CITRA MEREK
Abstract
Keputusan pembelian merupakan sikap konsumen untuk membeli atau tidak membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Keputusan membeli dipengaruhi oleh banyak faktor terutama oleh faktor promosi dan citra merek. Dengan adanya promosi yang baik, diharapkan keputusan membeli juga semakin naik. Keputusan membeli juga dipengaruhi oleh citra merek yakni pandangan konsumen terhadap produk terkait dengan kualitas produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel yakni pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk. Populasi penelitian adalah para konsumen perusahaan dan penentuan sampel menggunakan rumus random sampling sehingga diperoleh 67 sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji-t secara parsial dan uji-f secara simultan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk perusahaan Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X1 (7.077) > t-tabel (1.999) dan sig-p (0.000) <0.05. Citra merek berpengaruh keputusan pembelian konsumen pada produk perusahaan. Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X2 (4.523) > t-tabel (1.999) dan sig-p (0.000) < 0.05. Promosi dan Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian para konsumen terhadap produk perusahaan. Hal ini diindikasikan oleh nilai F-hitung (67.703) >F-tabel (3.14) dan sig-p (0.00) < 0.05. Terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0.669 x100% =66.9%. Kepada Perusahaan, disarankan untuk lebih memperhatikan aspek-aspek Promosi dan Citra merek agar keputusan Pembelian dapat lebih ditingkatkan.
Downloads
Abstract
Keputusan pembelian merupakan sikap konsumen untuk membeli atau tidak membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Keputusan membeli dipengaruhi oleh banyak faktor terutama oleh faktor promosi dan citra merek. Dengan adanya promosi yang baik, diharapkan keputusan membeli juga semakin naik. Keputusan membeli juga dipengaruhi oleh citra merek yakni pandangan konsumen terhadap produk terkait dengan kualitas produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel yakni pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk. Populasi penelitian adalah para konsumen perusahaan dan penentuan sampel menggunakan rumus random sampling sehingga diperoleh 67 sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji-t secara parsial dan uji-f secara simultan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk perusahaan Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X1 (7.077) > t-tabel (1.999) dan sig-p (0.000) <0.05. Citra merek berpengaruh keputusan pembelian konsumen pada produk perusahaan. Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X2 (4.523) > t-tabel (1.999) dan sig-p (0.000) < 0.05. Promosi dan Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian para konsumen terhadap produk perusahaan. Hal ini diindikasikan oleh nilai F-hitung (67.703) >F-tabel (3.14) dan sig-p (0.00) < 0.05. Terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0.669 x100% =66.9%. Kepada Perusahaan, disarankan untuk lebih memperhatikan aspek-aspek Promosi dan Citra merek agar keputusan Pembelian dapat lebih ditingkatkan.
References
Alma, Buchari, 2011 Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung
Andrianto, N HendradanIdris. 2013. Pengaruh Kulaitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inova Di Semarang. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1-10. Tanggal Akses 10 November 2015
Kasmiir.2006 Kewirausahaan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Kotler, Philip dan Amstrong.2007. Prinsip – Prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta :Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong , 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran ( Edisi 12 Jilid1). Jakarta :Erlangga
Kusnedi.2008. Model – Model Persamaan Struktural Satu dan Multi group Sampai Dengan LISREL Bandung : ALFABETA
Lembang, Rosvita, 2010. Analisa Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian The SiapMinum Dalam Kemasan Merek The Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro). Skripsi. Fakultas Ekonomi Diponegoro, Semarang.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani .2008. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek .Jakarta: Salemba 4
Mulyadi, Dedidkk. 2012.Analisis Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana As Di SMA N 4 Karawang. JurnalManajemen, Vol. 10, No 1, Oktober 2012, Hal 993 – 1001. Tanggalakses 10 Nopember 2015
Schiffman dan Kanuk. 2009. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Sugiono.2012. Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA
Purwanto. 2008 Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Purwanto. 2008 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Swastha, Bashu, Ibnu Sukotjo, 2010 Pengantar Bisnis, Liberti, Yogyakarta.
Tjiptono, 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : AFABETA