ANALISIS FAKTOR PEMBELIAN MOBIL BERDASARKAN HARGA DAN MEREK

  • Dewi Siska Simanjuntak Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  harga dan merek terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu pada PT. Daya Adicipta Wihaya Medan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Daya Adicipta Wihaya Medan  dengan obyek penelitian dibatasi hanya terhadap variabel harga dan merek sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai Variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen  sebanyak 69 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus  Arikunto. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisa kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah kepustakaan, penelitian lapangan, yaitu angket (kuesioner), observasi (pengamatan). Adapun tahap tahap pengujiannya adalah uji validitas, realibilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh pertama, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kedua,variabel merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga, variabel harga dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,666 atau (66,6%). Kesimpulan dari penelitian adalah ada pengaruh  harga dan merek terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu pada PT. Daya Adicipta Wihaya Medan. Disarankan kepada perusahaan sebaiknya mempertimbangkan harga dalam menjual produk sehingga diharapkan konsumen memiliki informasi yang jelas dalam mengambil keputusan dalam pembelian produk. Perusahaan sebaiknya mempertimbangkan merek dalam menjual produk sehingga diharapkan konsumen memiliki informasi yang jelas dalam mengambil keputusan dalam pembelian produk. Konsumen sebaiknya mempelajari dan mencari informasi yang jelas mengenai harga dan merek suatu produk dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  harga dan merek terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu pada PT. Daya Adicipta Wihaya Medan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Daya Adicipta Wihaya Medan  dengan obyek penelitian dibatasi hanya terhadap variabel harga dan merek sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai Variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen  sebanyak 69 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus  Arikunto. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisa kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah kepustakaan, penelitian lapangan, yaitu angket (kuesioner), observasi (pengamatan). Adapun tahap tahap pengujiannya adalah uji validitas, realibilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh pertama, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kedua,variabel merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga, variabel harga dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,666 atau (66,6%). Kesimpulan dari penelitian adalah ada pengaruh  harga dan merek terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu pada PT. Daya Adicipta Wihaya Medan. Disarankan kepada perusahaan sebaiknya mempertimbangkan harga dalam menjual produk sehingga diharapkan konsumen memiliki informasi yang jelas dalam mengambil keputusan dalam pembelian produk. Perusahaan sebaiknya mempertimbangkan merek dalam menjual produk sehingga diharapkan konsumen memiliki informasi yang jelas dalam mengambil keputusan dalam pembelian produk. Konsumen sebaiknya mempelajari dan mencari informasi yang jelas mengenai harga dan merek suatu produk dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri.2012.Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Adrianto, Noky Hendra dan idris. 2013. Pengaruh kualitas produk, citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil jenis MPV merek toyota kijang innova di semarang. Jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro, volume 2, Nomor 3 tahun 2013, halaman 1-10 tanggal akses 10 nopember 2015

Alma, Buchari.(2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Edy, Sutrisno. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kasmir, 2012.Manajemen Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka.

Kotler dan Armstrong, 2012.Marketing Manajemen Edisi 14.Global Edition.Pearson Pretince Hall.

Mulyadi, Dedi dkk. 2012. Analisis merek terhadap keputusan pembelian kartu perdana AS di SMA N S Karawang. Jurnal Manajemen, Vol. 10, No 1, oktober 2012, Hal 993-1001. Tanggal akses 10 Nopember 2015.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono, 2008.Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keduabelas. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Victor. 2013. Kualitas produk, merek dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada percetakan Mitra Card di Manado. Jurnal EMBA, Vol.1, No.4

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Published
2020-07-01
How to Cite
SIMANJUNTAK, Dewi Siska. ANALISIS FAKTOR PEMBELIAN MOBIL BERDASARKAN HARGA DAN MEREK. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 176-187, july 2020. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/529>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.529.
Section
Articles