PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA PADA MINI MARKET NAVVA DI KECAMATAN KEMBANGBAHU KABUPATEN LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui 1) pengaruh harga secara parsial, 2) pengaruh pelayanan secara parsial, 3) Pengaruh simultan harga dan pelayanan terhadap keputusan berbelanja pada Mini Market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Mini Market Navva, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh harga dan pelayanan terhadap keputusan berbelanja di Mini Market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis uji asumsi klasik, dan uji statistik yaitu uji t, uji F, analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS Statistics 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja di mini market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan sebesar 28,7%. Variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja sebesar 77,1%. Pengaruh harga dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja di mini market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan sebesar 76,8 %
Downloads
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui 1) pengaruh harga secara parsial, 2) pengaruh pelayanan secara parsial, 3) Pengaruh simultan harga dan pelayanan terhadap keputusan berbelanja pada Mini Market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Mini Market Navva, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh harga dan pelayanan terhadap keputusan berbelanja di Mini Market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis uji asumsi klasik, dan uji statistik yaitu uji t, uji F, analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS Statistics 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja di mini market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan sebesar 28,7%. Variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja sebesar 77,1%. Pengaruh harga dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja di mini market Navva di Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan sebesar 76,8 %
References
Assauri.1996. Manajemen PemasaranDasar konsep Dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press
-------. 2004. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta:Rajawali Press
Azwar.2003. Metodelogi Penelitian.Jakarta: Binarupa aksara
Bambang P. dan Lina, M. 2005.MetodePenelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.Raja Grafndo Persada
Ferdinand, Augusty. 2006. MetodePenelitian Manajeme. Semarang: Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika Semarang: Universitas Diponegoro
Gitosudrmo. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE
Luthfia, Widha Emil. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, KualitasLayanan, dan Harga TerhadapKeputusan Pembelian pada CoffeeShop Kofisyop Tembalang. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Bisnis(Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
Purana, Pradana Jaka. 2011. Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro