UJI KOMPETENSI GUNA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SLTA DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BUNGO

  • Hamirul Hamirul STIA Setih Setio Muara Bungo

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Uji Kompetensi yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan Profesionalisme guru dan apa saja yang menjadikan hambatan dan upaya apa saja yang dilakukan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Bungo dalam rangka meningkatkan Profesionalisme Guru dan dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif dengan informan sebanyak 10 orang dan dihasilkan bahwa  Kebijakan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi guna meningkatkan Profesionalisme Guru SLTA mengacu kepada peraturan yang ada Surat Edaran Resmi Dirjen Nomor 2825/B/PR/2017 tertanggal 14 Agustus 2017 tentang Pelaksanaan UKG tahun 2017 telah dilakukan secara proporsional dan sesuai Surat Edaran Resmi Dirjen GTK yang dikemukakan di atas. Adapun hambatan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo dalam pelaksanaan uji kompetensi guna meningkatkan profesionalisme guru SLTA antara lain hambatan teknis tidak terkoneksi dengan jaringan internet karena pemadaman listrik, dan masih ada sebagian guru yang gagap teknologi (gaptek), serta tidak liniernya antara bidang mata pelajaran dengan soal UKG. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo dalam mengatasi hambatan yang dihadapi sehubungan dengan pelaksanaan uji kompetensi guna meningkatkan profesionalisme guru SLTA adalah berkoordinasi dengan pihak PLN mengenai hari dan jadwal pelaksanaan UKG serta menyiapkan mesin genset, bekerjasama dengan operator TUKG untuk memberikan pelatihan singkat dan memandu guru tersebut tentang tata cara mengoperasikan komputer dan internet pada aplikasi UKG, serta Mengikutsertakan guru pada Uji Kompetensi di Awal (UKA) yang dilakukan secara Online.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Uji Kompetensi yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan Profesionalisme guru dan apa saja yang menjadikan hambatan dan upaya apa saja yang dilakukan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Bungo dalam rangka meningkatkan Profesionalisme Guru dan dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif dengan informan sebanyak 10 orang dan dihasilkan bahwa  Kebijakan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi guna meningkatkan Profesionalisme Guru SLTA mengacu kepada peraturan yang ada Surat Edaran Resmi Dirjen Nomor 2825/B/PR/2017 tertanggal 14 Agustus 2017 tentang Pelaksanaan UKG tahun 2017 telah dilakukan secara proporsional dan sesuai Surat Edaran Resmi Dirjen GTK yang dikemukakan di atas. Adapun hambatan yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo dalam pelaksanaan uji kompetensi guna meningkatkan profesionalisme guru SLTA antara lain hambatan teknis tidak terkoneksi dengan jaringan internet karena pemadaman listrik, dan masih ada sebagian guru yang gagap teknologi (gaptek), serta tidak liniernya antara bidang mata pelajaran dengan soal UKG. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo dalam mengatasi hambatan yang dihadapi sehubungan dengan pelaksanaan uji kompetensi guna meningkatkan profesionalisme guru SLTA adalah berkoordinasi dengan pihak PLN mengenai hari dan jadwal pelaksanaan UKG serta menyiapkan mesin genset, bekerjasama dengan operator TUKG untuk memberikan pelatihan singkat dan memandu guru tersebut tentang tata cara mengoperasikan komputer dan internet pada aplikasi UKG, serta Mengikutsertakan guru pada Uji Kompetensi di Awal (UKA) yang dilakukan secara Online.

References

Ali Mahmudi. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan, 28(2), 84–89.

Janawi (2011), Kompetensi Guru : Citra Guru Profesional, Bandung , Alfabeta.

Kuswana, D( 2011). Metode Penelitian Sosial. Bandung ,Pustaka Setia.

Mimbar, ~, & Dasar. (2014). IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU SEBAGAI CERMINAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI KABUPATEN SUMEDANG 1) Reni Fahdini 1 , 2) Ence Mulyadi, 3) Deni Suhandani, 4) Julia, 1(April), 33–42. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(1), 90–98.

Nasir, M. (2013). Profesionalisme Guru Agama Islam : Sebuah Upaya Peningkatan Mutu melalui LPTK. Dinamika Ilmu, 13(2), 189–203. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.25

Nurhayati, B. (2006). Faktor-Faktor yang mempengaruhi profesionalisme dan kinerja guru Biologi di SMAN Kota Makassar Sulawesi Selatan. Mimbar Pendidikan, 4(25), 64–70.

Pasolong, Harbani (2011),Teori Administrasi Publik, Bandung : Alfabeta

Sanaky, H. A. (2005). Sertifikasi dan profesionalisme guru di era reformasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 1, 1–13.

Sauri, S. (2008). Membangun profesionalisme guru berbasis nilai bahasa santun bagi pembinaan keperibadian bangsa yang bijak. Pidato Guru Besar, 1–34.

Sugiyono (2014), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung ,Alfabeta.

Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 128–141.

Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. JurnalTabularasa PPS Unimed, 6(1), 27–38.

Winarno, B (2012), Kebijakan Publik : Teori, Proses dan Studi Kasus, Yogyakarta,CAPS.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Surat Edaran Resmi Dirjen GTK Nomor 2825/B/PR/2017 tertanggal 14 Agustus 2017 tentang Pelaksanaan UKG tahun 2017.
Published
2020-07-01
How to Cite
HAMIRUL, Hamirul. UJI KOMPETENSI GUNA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SLTA DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BUNGO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 148-165, july 2020. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/515>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.515.
Section
Articles