PENGEMBANGAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SD ISLAM GUGUS 3 PANJI KABUPATEN SITUBONDO

  • Afif Amroellah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I sekolah dasar islam Gugus 3 Panji Kabupaten Situbondo. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah SD Islam Terpadu Nurul Anshar, sedangkan kelas eksperimennya adalah SD Islam Muhammadiyah 1 Panji. Quasi Experimental Post Test Only merupakan metodologi penelitian yang diadopsi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model STAD yang didukung media kartu berdampak pada kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, serta bentuk bahan bacaan dan aktivitas profesional lainnya didunia luar. Hasil uji normalitassig = 0,200 untuk post test kelas eksperimen dan sig = 0,058 untuk post test kontrol menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi Based On Mean sebesar 0,530 yang menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Hasil uji T diperoleh sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena itu, H1 disetujui dan H0 ditolak. Dapat disimpullkan bahwa “pengembangan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca sekolah dasar islam gugus 3 Panji Kabupaten Situbondo”.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I sekolah dasar islam Gugus 3 Panji Kabupaten Situbondo. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah SD Islam Terpadu Nurul Anshar, sedangkan kelas eksperimennya adalah SD Islam Muhammadiyah 1 Panji. Quasi Experimental Post Test Only merupakan metodologi penelitian yang diadopsi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model STAD yang didukung media kartu berdampak pada kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, serta bentuk bahan bacaan dan aktivitas profesional lainnya didunia luar. Hasil uji normalitassig = 0,200 untuk post test kelas eksperimen dan sig = 0,058 untuk post test kontrol menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi Based On Mean sebesar 0,530 yang menunjukkan bahwa data bersifat homogen. Hasil uji T diperoleh sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena itu, H1 disetujui dan H0 ditolak. Dapat disimpullkan bahwa “pengembangan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca sekolah dasar islam gugus 3 Panji Kabupaten Situbondo”.

References

Aminoto, Tugiyo., Dani, Rahma., Yuversa, Edi. (2019) Pengembngan Termometer Gas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak.Jurnal Edufisika, 4 (2), 48-55.
Dani, Rahma., Latifah, Ayu , N., Putri, A, S. (2019). Penerpan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus.Jurnal EduFisika. 4 (2), 24-38.
Jufrida., Basuki, Rahmat, F., Pangestu, D,M., Prasetya, Djati, A, N. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi.Jurnal Edufisika. 4 (2), 31-38.
Kurnia, Nila., Hendri, Menza., Pathoni, Haerul. (2016). Hubungan Persepsi dengan hasil Belajar Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi.Jurnal Edufisika, 1(1), 55-63.
Oktaviana, Dina., Jufrida., Darmaji. (2016). Penerapan Berbasis Multiple Intelences Untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi kalor dan Perpindahan Kalor kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi.Jurnal Edufisika. 1(1), 7-12.
Purwunto, Eko, A., Henri, Menza., Susanti, Nova. (2016). Studi Perbandingan Belajar Siswa Mengggunakan Media Phet Simulation Dengan Alat Peraga PAda Pokok BAhasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo.Jurnal Edufisika, 1(1), 22-27.
Suwondo., Astalini., Darmaji. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa.Jurnal Edufisika, 4 (2), 39-47.
Taqwa, Arief, R, M., Faizah, Refnika., Rivaldo, Lugi. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahsiswa pada Topik Fluida Statis.Jurnal Edufisika. 4(1), 6-13.
Published
2024-07-16
How to Cite
AMROELLAH, Afif. PENGEMBANGAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SD ISLAM GUGUS 3 PANJI KABUPATEN SITUBONDO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 302-310, july 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4684>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4684.