INOVASI PROSES PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SEDUDO DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGANJUK

  • Selfi Budi Helpiastuti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
  • Boedjiono Boedjiono Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
  • Lilis Wulanadari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeksripsikan inovasi proses pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian terdiri dari data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan beberapa dokumen. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman (2014) yaitu dengan pengumpulan datam kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada Desember 2023 sampai Januari 2024. Hasil dari penelitian yang dilakukan aplikasi Sedudo belum sepenuhnya berjalan dengan optimal karena masih muncul kendala baru seperti tidak semua orang paham mengenai teknologi dan kendala jaringan karena tidak semua daerah bisa terjangkau jaringan dengan baik. Beberapa masyarakat merasa terbantu dengan adanya aplikasi Sedudo karena tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil, akan tetapi sebagian masyarakat juga merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi Sedudo termasuk orang yang sudah tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeksripsikan inovasi proses pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian terdiri dari data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan pengumpulan beberapa dokumen. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman (2014) yaitu dengan pengumpulan datam kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dilakukan pada Desember 2023 sampai Januari 2024. Hasil dari penelitian yang dilakukan aplikasi Sedudo belum sepenuhnya berjalan dengan optimal karena masih muncul kendala baru seperti tidak semua orang paham mengenai teknologi dan kendala jaringan karena tidak semua daerah bisa terjangkau jaringan dengan baik. Beberapa masyarakat merasa terbantu dengan adanya aplikasi Sedudo karena tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil, akan tetapi sebagian masyarakat juga merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi Sedudo termasuk orang yang sudah tua.

References

Ariska, N. N., Helpiastuti, S. B., & Suharsono, A. (2023). Inovasi Proses Pelayanan Dokumen Kependudukan Terintegrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep. Electronical Journal of Social and Political Sciences (e-Sospol), 10(2), 131–140.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. (2021). Rencana Strategis Tahun 2018-2023.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk. (2022). Situs Resmi Sedudo Kabupaten Nganjuk. SEDUDO. https://sedudo.nganjukkab.go.id Helpiastuti, S. B., Suharsono, A., & El Yusnada, A. N. (2023). Implementation of
Administrative Service Innovation: Complete Service in the Sub-district. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i5.13004
Hutagalung, S. S., & Hermawan, D. (2018). Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Deepublish.
Imanuddin, M. (2020). Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia. Penerbit Pusbangter.
Kementerian Dalam Negeri. (2019). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Nganjuk. (2021). Standar Operasional Prosedur (SOP).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Metode). SAGE Publications.
Moleong, L. J (2017) Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Muluk, K. (2008). Knowledge Management : Kunci Sukses Inovasi
Pemerintahan Daerah (1st ed.). Bayumedia Publishing.
Muzdhalifah. (2018). Inovasi Pelayanan Kelurahan Melalui Aplikasi SINGO Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Kantor Kelurahan Sawojajar). Universitas Brawijaya.
Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Nganjuk Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, (2014).
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nganjuk. (2022). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2021.
Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Inovasi Pelayanan Dalam Organisasi Publik. PT Remaja Rosdakarya.
Slamin, Tallapessy, A., Kartika, B. A., Anam, K., Wahono, B., Yudianto, E., & Wijaya, K. (2013). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. In Universitas Jember. Universitas Jember.
Soraya, T. (2019). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati. Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Tim Pusat Inovasi Tata Pemerintahan. (2014).
Handbook Inovasi Administrasi Negara. Lembaga Administrasi Negara (Pusat INTAN-DIAN-LAN).
Published
2024-07-15
How to Cite
HELPIASTUTI, Selfi Budi; BOEDJIONO, Boedjiono; WULANADARI, Lilis. INOVASI PROSES PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SEDUDO DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN NGANJUK. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 279-289, july 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4675>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4675.