KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI SOLUSI MENGATASI KRISIS BELAJAR

  • Syafira Nundri Antari Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember

Abstract

Salah satu amanat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945) adalah bahwa Pemerintah Indonesia harus mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan hal ini, upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataannya di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pandemi COVID-19 semakin memperparah krisis pembelajaran yang sudah ada di Indonesia. Selama 2 tahun pandemi, terjadi peningkatan kehilangan pembelajaran (learning loss) yang signifikan dalam hal kompetensi literasi dan numerasi siswa. Indonesia tidak hanya berjuang menghadapi learning loss dan learning gap akibat pandemi, tetapi juga menghadapi risiko melebarnya kesenjangan pembelajaran, terutama pada siswa dari keluarga dengan latar belakang sosial ekonomi rendah yang lebih berisiko tidak terdaftar atau tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran (Studi INOVASI dan Puslitjak, 2020). Penelitian menggunakan metode kualtitatif dengan pendekatan content analysis (analisis isi). Analisis isi merupakan penelitian yang mengkaji teks, buku atau materi dalam buku yang berisikan informasi untuk dikaji. Menjadikan data teks ilmiah sebagai teori untuk dikaji dan ditelaah untuk mendapatkan suatu hipotesa atau konsep yang objektif. Untuk mengatasi krisis belajar di Indonesia, pemerintah telah menerapkan beberapa kebijakan, seperti penyederhanaan kurikulum, penyempurnaan kurikulum baru, dan memberikan kebebasan kepada masing-masing satuan pendidikan untuk menggunakan kurikulum yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada tiga hal utama yang menjadi dasar strategi implementasi Kurikulum Merdeka: 1. Kurikulum Merdeka adalah pilihan, 2. Implementasi kurikulum adalah sebuah proses pembelajaran, 3. Dukungan harus diberikan kepada satuan pendidikan dan pendidik sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi situasi maupun waktu

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Salah satu amanat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945) adalah bahwa Pemerintah Indonesia harus mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan hal ini, upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataannya di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pandemi COVID-19 semakin memperparah krisis pembelajaran yang sudah ada di Indonesia. Selama 2 tahun pandemi, terjadi peningkatan kehilangan pembelajaran (learning loss) yang signifikan dalam hal kompetensi literasi dan numerasi siswa. Indonesia tidak hanya berjuang menghadapi learning loss dan learning gap akibat pandemi, tetapi juga menghadapi risiko melebarnya kesenjangan pembelajaran, terutama pada siswa dari keluarga dengan latar belakang sosial ekonomi rendah yang lebih berisiko tidak terdaftar atau tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran (Studi INOVASI dan Puslitjak, 2020). Penelitian menggunakan metode kualtitatif dengan pendekatan content analysis (analisis isi). Analisis isi merupakan penelitian yang mengkaji teks, buku atau materi dalam buku yang berisikan informasi untuk dikaji. Menjadikan data teks ilmiah sebagai teori untuk dikaji dan ditelaah untuk mendapatkan suatu hipotesa atau konsep yang objektif. Untuk mengatasi krisis belajar di Indonesia, pemerintah telah menerapkan beberapa kebijakan, seperti penyederhanaan kurikulum, penyempurnaan kurikulum baru, dan memberikan kebebasan kepada masing-masing satuan pendidikan untuk menggunakan kurikulum yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada tiga hal utama yang menjadi dasar strategi implementasi Kurikulum Merdeka: 1. Kurikulum Merdeka adalah pilihan, 2. Implementasi kurikulum adalah sebuah proses pembelajaran, 3. Dukungan harus diberikan kepada satuan pendidikan dan pendidik sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi situasi maupun waktu

References

Afriansyah. A. (2020). Transformas pendidikan dan berbagai problemnya. https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/838-covid-19/transformasi pendidikan-dan-berbagai problemnya (diakses Juni 2024)
Ahmad, S. (2014) Problematika Kurikulum 2013 Dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. Vol. 8. No. 2
Alifia, U., Barasa, A. R., Bima, L., Pramana, R. P., Revina, S., & Tresnatri, F. A. (2020). Belajar dari rumah: potret ketimpangan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Catatan Penelitian SMERU No. 1/2020
Dewantara, Ki Hadjar. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Djaelani, A.R., Pratikno, H.H., & Setiawan, T. (2019). Implementasi kurikulum dan permasalahannya (Studi kasus di SMK Ganesa Kabupaten Demak
Kementerian Keuangan. (2021). Usaha meningkatkan kualitas pendidikan melalui mandatory spending anggaran pendidikan. https://anggaran.kemenkeu.go.id/in/post/usaha-peningkatkan-kualitas-pendidikanmelaluimandatory-spending-anggaranpendidikan- (diakses Juni 2024)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Analisis survei cepat pembelajaran dari rumah dalam masa pencegahan COVID-19.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Juni 2). Peraturan menteripendidikan dan kebudayaan RepublikIndonesia nomor 22 Tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian pendidikandan kebudayaan Tahun 2020-2024.
Pratiwi, Solihin., Rahmah, U. (2019). Regulasi guru dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran. Pusat Penelitian Kebijakan.
Published
2024-06-21
How to Cite
ANTARI, Syafira Nundri; PRIHANDONO, Trapsilo. KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI SOLUSI MENGATASI KRISIS BELAJAR. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 253-262, june 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4568>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4568.