Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 3 Kendit

  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nani Farah Fasica Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mela Ainun Nisa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nurul Kholilah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Perkembangan dan karakteristik pada anak SD berbeda-beda, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Karakteristik siswa mencakup beberapa hal penting, diantaranya minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi Pendidikan karakter di SDN 3 Kendit. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 kendit. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter di SDN 3 kendit yaitu model keteladan. Selain itu dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini diantaranya religious, jujur, displin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan rasa hormat.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Perkembangan dan karakteristik pada anak SD berbeda-beda, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Karakteristik siswa mencakup beberapa hal penting, diantaranya minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi Pendidikan karakter di SDN 3 Kendit. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 kendit. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter di SDN 3 kendit yaitu model keteladan. Selain itu dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini diantaranya religious, jujur, displin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan rasa hormat.

References

Abdul, H. (2022). Korelasi Kemampuan Awal Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jakarta). Http://Repository.Umj.Ac.Id/Id/Eprint/8495

Anzani, S. R., Al Fauzan, M. A., Alzena, T., Rejeki, A. S., & Azalia, N. A. (2023). Teori Humanistik: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Karakter-Moral Siswa?. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 405-415. Https://Japendi.Publikasiindonesia.Id/Index.Php/Japendi/Article/View/1760

Cahyani, N., & Raharjo, T. J. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Paud Sekolah Alam Ungaran. Lifelong Education Journal, 1(1), 53-65. Http://Www.Journal.Imadiklus.Or.Id/Index.Php/Lej/Article/View/15

Dewi, K. M. C., Suryati, N. W. N., & Rusanti, P. (2023). Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi D-Iv Keperawatan Anestesiologi Di Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali. Jurnal Basicedu, 7(5), 3148-3157. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/6305

Elsabrina, U. R., Hanggara, G. S., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (Kkn), 2, 502-514. Https://Proceeding.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Kkn/Article/View/3128

Farisi, A., Herlambang, A. D., & Zulvarina, P. (2023). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1872-1882. Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/JPtiik/Article/View/12604

Magdalena, I., Asfari, A. I., Firstariza, A., & Rafiq, R. (2020). Analisis Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik. Edisi, 2(3), 302-312. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi/Article/Download/919/631

Novesar, M. R. (2021). Penciptaan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Era Pandemic Covid-19 Yang Di Bentuk Oleh Gaya Mengajar Dosen Dan Di Intervensi Oleh Motivasi Belajar. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (Jobs), 2(1), 38-49. Https://Scholar.Archive.Org/Work/75haz2iabra5xh45aa2ds7cmty/Access/Wayback/Htps://Academicjournal.Yarsi.Ac.Id/Index.Php/Jobs/Article/Download/1781/931

Nurhaqim, M., & Subando, J. (2023). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Ibadah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10571- 10577. Http://Www.Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id/Jiip/Index.Php/Jiip/Article/View/3052

Nyoman, N. (2023). Implementasi Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Melalui Budaya Sekolah Sma Negeri 1 Sidomulyo Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung). Http://Digilib.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/77069

Ok, A. H., Al-Farabi, M., & Sanjaya, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd It Sekabupaten Aceh Tenggara. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17(01). Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/578608969.Pdf

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. Https://Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Jee/Article/View/6124

Sari, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Langsung Dalam Memfasilitasi Keterampilan Teknik Bermain Bola Basket Untuk Siswa Tunagrahita Kelas Xi Smalb-C. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 53-60. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Pip/Article/View/16811

Saunder, Wb. 1977. Karakter Pembeda Manusia. Kanisius Sinurat, J., Daulay, M. I., Hasibuan, A. K. H., Setiawati, E., Rahmawati, Y., Meliani, F., ... & Arifudin, O. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Publications/558622/Pengembangan-MoralKeagamaan-Anak-Usia-Dini

Sukatin, S. P. I., & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.

Wally, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70-81. Https://Mail.Iainambon.Ac.Id/Ojs/Ojs2/Index.Php/Jsi/Article/View/22
Published
2024-05-31
How to Cite
PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi et al. Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 3 Kendit. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 182-194, may 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4478>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4478.