Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 3 Kendit
Abstract
Perkembangan dan karakteristik pada anak SD berbeda-beda, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Karakteristik siswa mencakup beberapa hal penting, diantaranya minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi Pendidikan karakter di SDN 3 Kendit. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 kendit. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter di SDN 3 kendit yaitu model keteladan. Selain itu dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini diantaranya religious, jujur, displin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan rasa hormat.
Downloads
Abstract
Perkembangan dan karakteristik pada anak SD berbeda-beda, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Karakteristik siswa mencakup beberapa hal penting, diantaranya minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi Pendidikan karakter di SDN 3 Kendit. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 kendit. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter di SDN 3 kendit yaitu model keteladan. Selain itu dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini diantaranya religious, jujur, displin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan rasa hormat.
References
Anzani, S. R., Al Fauzan, M. A., Alzena, T., Rejeki, A. S., & Azalia, N. A. (2023). Teori Humanistik: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Karakter-Moral Siswa?. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 405-415. Https://Japendi.Publikasiindonesia.Id/Index.Php/Japendi/Article/View/1760
Cahyani, N., & Raharjo, T. J. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Paud Sekolah Alam Ungaran. Lifelong Education Journal, 1(1), 53-65. Http://Www.Journal.Imadiklus.Or.Id/Index.Php/Lej/Article/View/15
Dewi, K. M. C., Suryati, N. W. N., & Rusanti, P. (2023). Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi D-Iv Keperawatan Anestesiologi Di Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali. Jurnal Basicedu, 7(5), 3148-3157. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/6305
Elsabrina, U. R., Hanggara, G. S., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (Kkn), 2, 502-514. Https://Proceeding.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Kkn/Article/View/3128
Farisi, A., Herlambang, A. D., & Zulvarina, P. (2023). Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1872-1882. Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/JPtiik/Article/View/12604
Magdalena, I., Asfari, A. I., Firstariza, A., & Rafiq, R. (2020). Analisis Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik. Edisi, 2(3), 302-312. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi/Article/Download/919/631
Novesar, M. R. (2021). Penciptaan Prestasi Akademik Mahasiswa Di Era Pandemic Covid-19 Yang Di Bentuk Oleh Gaya Mengajar Dosen Dan Di Intervensi Oleh Motivasi Belajar. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (Jobs), 2(1), 38-49. Https://Scholar.Archive.Org/Work/75haz2iabra5xh45aa2ds7cmty/Access/Wayback/Htps://Academicjournal.Yarsi.Ac.Id/Index.Php/Jobs/Article/Download/1781/931
Nurhaqim, M., & Subando, J. (2023). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Ibadah Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10571- 10577. Http://Www.Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id/Jiip/Index.Php/Jiip/Article/View/3052
Nyoman, N. (2023). Implementasi Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Melalui Budaya Sekolah Sma Negeri 1 Sidomulyo Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung). Http://Digilib.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/77069
Ok, A. H., Al-Farabi, M., & Sanjaya, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd It Sekabupaten Aceh Tenggara. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17(01). Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/578608969.Pdf
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269. Https://Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Jee/Article/View/6124
Sari, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Langsung Dalam Memfasilitasi Keterampilan Teknik Bermain Bola Basket Untuk Siswa Tunagrahita Kelas Xi Smalb-C. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 53-60. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Pip/Article/View/16811
Saunder, Wb. 1977. Karakter Pembeda Manusia. Kanisius Sinurat, J., Daulay, M. I., Hasibuan, A. K. H., Setiawati, E., Rahmawati, Y., Meliani, F., ... & Arifudin, O. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Publications/558622/Pengembangan-MoralKeagamaan-Anak-Usia-Dini
Sukatin, S. P. I., & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.
Wally, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1), 70-81. Https://Mail.Iainambon.Ac.Id/Ojs/Ojs2/Index.Php/Jsi/Article/View/22