Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini (PAUD) Pasca Stunting PAUD Dharma Putra

  • Yulia Tutik Nurfia Universitas Ibrahimy

Abstract

Riset ini dilatar belakangi oleh balita yang mengalami stunting yang terjadi  di Desa Besuk Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso. Anak yang mengalami stunting biasanya mengalami keterbatasan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Sehingga kemampuan penguasaan kosakata mereka juga berpengaruh. Banyak faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata anak stunting seperti, keterbatasan berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar; kurangnya pendidikan dan stimulus penguasaan kosakata anak. Diharapkan dapat diketahui anak PAUD dalam penguasaan kosakata pasca stunting. Pendekatan penelitian bersifat kualitatif deskriptif berfokus pendekatan analitik dan didaktik. Teknik observasi dalam upaya pemahaman dan interpretasi, pengumpulan data menggunakan analisis tekstual dan kontekstual data pemerolehan bahasa anak sebagai dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan dalam pemerolehan bahasa terdapat pemerolehan bahasa anak  pasca stunting berupa komunikasi verbal, pengembangan kosakata, dan pemahaman bahasa melalui mitra tutur, yang berimplikasi pada pelaksanaan belajar bahasa di PAUD sesuai penelitian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) materi PAUD & memberikan hasil peningkatan bahasa baik dari verbal atau non-verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Riset ini dilatar belakangi oleh balita yang mengalami stunting yang terjadi  di Desa Besuk Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso. Anak yang mengalami stunting biasanya mengalami keterbatasan pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Sehingga kemampuan penguasaan kosakata mereka juga berpengaruh. Banyak faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata anak stunting seperti, keterbatasan berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar; kurangnya pendidikan dan stimulus penguasaan kosakata anak. Diharapkan dapat diketahui anak PAUD dalam penguasaan kosakata pasca stunting. Pendekatan penelitian bersifat kualitatif deskriptif berfokus pendekatan analitik dan didaktik. Teknik observasi dalam upaya pemahaman dan interpretasi, pengumpulan data menggunakan analisis tekstual dan kontekstual data pemerolehan bahasa anak sebagai dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan dalam pemerolehan bahasa terdapat pemerolehan bahasa anak  pasca stunting berupa komunikasi verbal, pengembangan kosakata, dan pemahaman bahasa melalui mitra tutur, yang berimplikasi pada pelaksanaan belajar bahasa di PAUD sesuai penelitian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) materi PAUD & memberikan hasil peningkatan bahasa baik dari verbal atau non-verbal.

References

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul.2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Jati Kesuma, Tri Mastoyo. 2007. Pengantar (Metode) PenelitianBahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.

Rezeki, Tri Indah, Rakhmat Wahyudin Segala.2019. “Pemerolehan Bahasa Anak Periode Linguistik”. Jurnar Artikula. 2 (2), 1 – 7.

Salnita, Yulia Eka, Atmazaki, dan Abdurrahman. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (3). 137 – 145.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Published
2024-05-28
How to Cite
NURFIA, Yulia Tutik. Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini (PAUD) Pasca Stunting PAUD Dharma Putra. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 172-181, may 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4454>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4454.