Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember
Abstract
Tingkat kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember secara umum dapat dikatakan sangat baik. Hal ini diperoleh dari hasil survei lapangan dan survei yang dilihat dari sudut pandang masyarakat yang membuat akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember atau survei wawancara yang telah dilakukan, tidak hanya melalui masyarakat dan survei langsung di lapangan, namun survei ini juga dilakukan melalui pegawai yang bekerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember khususnya di bidang pembuatan akte kelahiran. Menurut pandangan masyarakat, yang berhasil diteliti adalah masyarakat merasa cukup puas dengan hasil pelayanan pembuatan akte kelahiran yang dilakukan oleh karyawan dan merasa cukup terbantu dengan kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran tersebut.
Downloads
Abstract
Tingkat kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember secara umum dapat dikatakan sangat baik. Hal ini diperoleh dari hasil survei lapangan dan survei yang dilihat dari sudut pandang masyarakat yang membuat akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember atau survei wawancara yang telah dilakukan, tidak hanya melalui masyarakat dan survei langsung di lapangan, namun survei ini juga dilakukan melalui pegawai yang bekerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember khususnya di bidang pembuatan akte kelahiran. Menurut pandangan masyarakat, yang berhasil diteliti adalah masyarakat merasa cukup puas dengan hasil pelayanan pembuatan akte kelahiran yang dilakukan oleh karyawan dan merasa cukup terbantu dengan kualitas pelayanan pembuatan akte kelahiran tersebut.
References
Atep Adya Barata, 2003. Tentang Faktor –Faktor yang mempengaruhi pelayanan publik
Fandy Tjiptono. 2002. Total Quality Manajemen Edisi Revisi. Yogyakarta
F.W. Taylor. berjudul Principles of Public Administration.
Fandy Tjiptono, Anastasia Diana 2003. Tentang lima karaktaristik yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan
Husaini usman dan Purnomo Setiady 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta Bumi Aksara Jakarta: PT. Raja Graha Grafindo Persada
Harbani Pasolong, 2007. buku Teori Administrasi Publik
Kasmir. 2017. Customer Servis Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok Kolter, P dan Keller, K.L 2016. Marketing Management. Global edition:
Kartini Kartono ,1996. Tentang tujuan penelitian.
Moenir. 2015. Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi
Rosady 2008 Manajemen Publik Relations dan Media Komunikasi.
Ratminto, Atik Septi Winarsih 2006. Tentang pengertian pelayanan
Sinambela, 2014. Tentang pengertian pelayanan
Singarimbun M dan S Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2006. Metode penelitian bisnis cetakan ke Sembilan: Bandung:
Thoha, Miftah, 2005. peran dan sifat dari profesi administrasi
Triandara , 2006. pelaksanaan pembuatan Adminduk
Veeger, KJ, 2003. Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Woodrow Wilson, 1887. buku The Study of Administration
Yeremias T. Keban. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Konsep, Teori dan Isu. Edisi 2. Yogyakarta Gaya.Media.
Dasar Hukum :
Kepmen PAN nomor 18 tahun 1993 tentang pedoman penyelnggaraan pelayanan
Kepmen PAN nomor 63 tahun 2003 dalam mendefinisikan pelayanan umum
Kepmen PAN nomor 58 tahun 2005 tentang 3 jenis pelayanan
Keputusan MENPAN No. 63 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Pelayanan.
Menpan nomor 63 tahun 2003 tentang reformasi pelayanan publik.
Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri
PERDA No 70 tahun 2000 tentang Organisasi dan Tata kerja Kependudukan Kabupaten Jember.
Perpresi No : 26 Tahun 2009 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis NIK Secara Nasional
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 19 Tahun 2010 Tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
Permendagri Nomor : 19 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pendokumentasian Hasil Pendafataran Penduduk dan Pencatatan Sipil
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 36 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan , Penetapan dan Penerapan Standar Pelayanan
Perpres Nomor : 25 Tahun 2008 Tentang Persyaratan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
Undang-Undang No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.
Undan-Undang No. 24 Tahun 2013 disebutkan bahwa Administrasi Kependudukan.
Undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan pelayanan publik.
Undang-undang Nomor 16 tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 dan. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok kepegawaian
Undang – Undang Nomor : 02 Tahun 2003 Tentang Perlindungan Anak dan Perempuan.
Web :
Sumber : https://sipDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipiljember.id/
Sumber :https://www.antaranews.com
Sumber : Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Penncatatan Kabputen Jember tahun 2023)