Tokoh-Tokoh Modernisasi Pedagogik di Timur Tengah dan Pembaruannya

TOKOH-TOKOH MODERNISASI PEDAGOGIK DI TIMUR TENGAH DAN PEMBARUANNYA

  • Uswah Mujahidah Rasuna Said Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aji Rizqi Ramadhan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tokoh-tokoh modernisasi pedagogik di wilayah Timur Tengah serta pembaruan gagasan yang dibawa oleh tokoh-tokoh tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa library research atau studi pustaka. Analisis dilakukan dengan mencari data berupa jurnal, buku, dan referensi lainnya yang mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah yaitu pemikiran dan kontribusi tokoh-tokoh seperti Muhammad Ali Pasha, Shah Reza Pahlevi, Abdullah Nashih Ulwan, Rifa’ah Badawi At-Tahtawi, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Syekh Rasyid Ridha, Thaha Husain, Syekh Muhammad Abduh, dan Abdulaziz Al Saud memiliki gagasan pembaruan dalam pendidikan di Timur Tengah dan dunia Islam. Pendekatan yang dilakukan mencakup pembangunan infrastruktur, modernisasi kurikulum, integrasi nilai Islam dengan ilmu pengetahuan modern, serta inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan. Pemikiran mereka dapat menjadi sumber inspirasi untuk reformasi pendidikan yang inklusif, relevan, dan berorientasi pada kebutuhan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tokoh-tokoh modernisasi pedagogik di wilayah Timur Tengah serta pembaruan gagasan yang dibawa oleh tokoh-tokoh tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa library research atau studi pustaka. Analisis dilakukan dengan mencari data berupa jurnal, buku, dan referensi lainnya yang mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah yaitu pemikiran dan kontribusi tokoh-tokoh seperti Muhammad Ali Pasha, Shah Reza Pahlevi, Abdullah Nashih Ulwan, Rifa’ah Badawi At-Tahtawi, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Syekh Rasyid Ridha, Thaha Husain, Syekh Muhammad Abduh, dan Abdulaziz Al Saud memiliki gagasan pembaruan dalam pendidikan di Timur Tengah dan dunia Islam. Pendekatan yang dilakukan mencakup pembangunan infrastruktur, modernisasi kurikulum, integrasi nilai Islam dengan ilmu pengetahuan modern, serta inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan. Pemikiran mereka dapat menjadi sumber inspirasi untuk reformasi pendidikan yang inklusif, relevan, dan berorientasi pada kebutuhan zaman.

References

Ainiah. 2021. “MODERNISASI PEMIKIRAN DALAM ISLAM DARI JEJAK JAMALUDDIN AL-AFGHANI.” Mubeza: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11(1).

Amin, Surahman. 2016. “REPUBLIK ISLAM IRAN (NEGARA MODEREN ISLAM SYIAH).” TASAMUH: JURNAL STUDI ISLAM 8(1).

Amri, Syaiful. 2022. “PEMIKIRAN POLITIK THAHA HUSEIN : PRO KONTRA SEKULARISASI DI DUNIA ISLAM.” Al-Usrah : Jurnal Al-ahwal As-Syakhsiyah 10(02):1–20.

Anugrah, Nanda Zulfan, Eva Dewi, dan Ellya Roza. 2023. “Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM VERSI JAMALUDDIN AL-.” Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif 7(12):236–42.

Aris. 2023. FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Pertama. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Fauzi, Muhammad. 2017. “Tokoh-Tokoh Pembaharu Pendidikan Islam di Mesir.” Jurnal Tarbiyah XXIV(1):387–408.
Habibi, Debi Fajrin. 2018. “MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI TIMUR TENGAH (STUDI KAWASAN MESIR DAN TURKI).” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4(2):31–43. doi: 10.5281/ZENODO.3552061.

Harahap, Radinal Mukhtar. 2018. “Muhammad ali pasha: inovasi pendidikan islam.” Jurnal Idrak 1(1).

Hasibuan, Darma Syahputra. 2022. “Peradaban Pra Islam dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Islam.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 6(3). doi: 10.47006/er.v6i3.13175.

Hatta, J. 2009. “TROHA HUSAIN DAN REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM : Suatu Upaya Interpretasi Kontekstual Atas.” Jurnal Al-Bidayah 1(2):167–80.

Hermawan, Angi Ramdania, Oyoh Bariah, dan Khalid Ramdhani. 2021. “Pendidikan Moral pada Keluarga Muslim Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam.” Edumaspul Jurnal Penididikan 5(2):812–22.

Hilmi, Asep. 2017. “PEMIKIRAN MODERN HUKUM ISLAM RASYID RIDHA.” TAZKIYA Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan & Kebudayaan 18(2):191–204.

ISKANDAR, EDI. 2016. “PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN.” Akademika 14(1).

Iskandar, Edi. 2017. “MENGENAL SOSOK ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN PEMIKIRANNYA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Akademika XIII:50–67.

Karo, Tiy Kusmarrabbi. 2017. “MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI MESIR Tiy Kusmarrabbi Karo.” Jurnal Waraqat II(2):97–120.

Muhsin, dan Achmad Ruslan Afendi. 2022. “UPAYA-UPAYA PEMBAHARUAN DAN MODERNISASI ISLAM.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 5(2):105–15.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. 2013. “PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Pendidikan Islam XXVIII(2):287–306.

Mursalin, Miranti, dan Rani. 2024. “PERKEMBANGAN STUDI ISLAM DI DUNIA MUSLIM TIMUR TENGAH BAIT AL-HIKMAH DAN KEBIJAKAN BERAGAMA KHALIFAH AL-MAKMUN.” JUTEQ: Jurnal Teologi & Tafsir 1(1):1–7.

Nurhayuni, dan Ellya Roza. 2023. “Imam Al-Ghazali Dan Perspektifnya Tentang Pentingya Pendidikan Islam.” AL - MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora 4(1):1–11. doi: https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.2968.

Permata, Srianti, Hasaruddin, Syamzan Syukur, Reynaldo, dan Abdul. Rizal. 2023. “Al-MUBARAK Al-MUBARAK.” Jurnal Al-Mubarak 8(1):43–56.

Rasyid, Idris. 2019. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18(1):779–90. doi: 10.30863/ekspose.v18i1.368.

Rifki, Muchamad, Sofyan Sauri, Aam Abdussalam, Udin Supriadi, dan Miptah Parid. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah (Internalization of Character Values Through Teacher Modeling Methods in Schools).” Jurnal Basicedu 7(1):89–98.

Tranggono, Lintang. 2023. “ANALISIS PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI TIMUR TENGAH DAN ISLAM: PRA ISLAM, ISLAM KLASIK, & MODERN.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 8(5):3866–76.

Usman, Abdul Malik. 2021. “Modernisasi Pendidikan Islam ; Telaah Pemikiran Muhammad Abduh.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 15(2):237–58.

Wibisono, Jatmiko, Hafidz, Iffat Abdul Ghalib, dan Husna Nashihin. 2023. “Attractive : Innovative Education Journal.” Attractive : Innovative Education Journal 5(2):514–22.

Wibowo, Bayu Ananto, Taufik Agung Pranowo, dan Arip Febrianto. 2023. Sejarah Pendidikan. Pertama. Yogyakarta: UPY Press.
Published
2024-05-26
How to Cite
SAID, Uswah Mujahidah Rasuna; RAMADHAN, Aji Rizqi; SAURI, Sofyan. Tokoh-Tokoh Modernisasi Pedagogik di Timur Tengah dan Pembaruannya. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 147-162, may 2024. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/4331>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i1.4331.