Pengaruh Faktor Minat dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Manajemen di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto

  • Mochamad Rizal Yogaswara Universitas Mayjen Sungkono
  • Rahmat Debianto Universitas Mayjen Sungkono
  • Satrio Agung Buono Universitas Mayjen Sungkono
  • Friska Putri Avianti Universitas Mayjen Sungkono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh faktor minat dan word of mouth terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi (Prodi) Manajemen di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Prodi Manajemen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor minat dan word of mouth secara signifikan mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Prodi Manajemen. Implikasi temuan ini dapat digunakan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan strategi pemasaran dan promosi Prodi Manajemen, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam pemilihan program studi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur akademis dalam konteks keputusan pemilihan program studi di perguruan tinggi. merinci faktor minat dan word of mouth yang signifikan dalam pengambilan keputusan mahasiswa. Temuan ini memberikan dasar yang kuat untuk pemahaman lebih lanjut tentang preferensi mahasiswa dan dapat membantu perguruan tinggi mengoptimalkan penarikan calon mahasiswa untuk Prodi Manajemen mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh faktor minat dan word of mouth terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Program Studi (Prodi) Manajemen di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Prodi Manajemen. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor minat dan word of mouth secara signifikan mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Prodi Manajemen. Implikasi temuan ini dapat digunakan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan strategi pemasaran dan promosi Prodi Manajemen, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam pemilihan program studi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur akademis dalam konteks keputusan pemilihan program studi di perguruan tinggi. merinci faktor minat dan word of mouth yang signifikan dalam pengambilan keputusan mahasiswa. Temuan ini memberikan dasar yang kuat untuk pemahaman lebih lanjut tentang preferensi mahasiswa dan dapat membantu perguruan tinggi mengoptimalkan penarikan calon mahasiswa untuk Prodi Manajemen mereka.

References

Ali Hasan, S. E. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. (n.d.).

Babin, B. J., Lee, Y., Kim, E., & Griffin, M. (2005). Modeling consumer satisfaction and word‐of‐mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Services Marketing, 19(3), 133–139.

Cess, R. D., Harrison, E. F., Minnis, P., Barkstrom, B. R., Ramanathan, V., & Kwon, T. Y. (1992). Interpretation of seasonal cloud‐climate interactions using Earth Radiation Budget Experiment data. Journal of Geophysical Research: Atmospheres, 97(D7), 7613–7617.

Chandra, A. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Mendaftar dengan Kualitas Prodi sebagai Variabel Moderating di Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 27(2), 85–96.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Lestari, I., & Yadnyana, I. K. (2013). Persepsi dan minat mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi universitas udayana terhadap profesi akuntan publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(1), 195–211.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14–26.

MARYONI, A. Y. U. S. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Pengambilan Program Studi Ekonomi Syariah Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 9(2), 86–95.

Rufaidah, A. (2015). Pengaruh intelegensi dan minat siswa terhadap putusan pemilihan jurusan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2).

Shaleh, A. (2004). Rahman dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam.

Sutaryo, S., Setyaningrum, Y., & Dwiloka, B. (2007). The Reduced Glucose, Acidity, and Preference of Fermented Meat “Petis” on the Different of Meat Broth. Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture, 32(2), 119–125.
Published
2023-12-31
How to Cite
YOGASWARA, Mochamad Rizal et al. Pengaruh Faktor Minat dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Manajemen di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 441-448, dec. 2023. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/3941>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i2.3941.