Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

  • Irawati Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mustika Khoirunnisa Kholillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neng Ani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Randita Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deti Rostika Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pada penyelenggaraan pendidikan tidak hanya berupa transfer pengetahuan saja, akan tetapi pendidikan mencakup pada pengembangan diri peserta didik termasuk dalam sosial serta emosionalnya. Dalam mengembangkan sosial dan emosional peserta didik, diperlukan suatu bentuk pembelajaran yang dapat mengembangkan kepada keterampilan sosial dan emosional peserta didik. Pembelajaran sosial emosional merupakan suatu bentuk pendekatan pembelajaran yang di dalamnya mengajarkan mengenai regulasi diri, monitoring diri, serta kemampuan sosial dalam lingkungan. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional pada pembelajaran di sekolah dasar. Adapun pada penelitian digunakan metode kualitatif deskriptif dengan prosedur penelitian nya berupa kata-kata tertulis dari berbagai sumber. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional pada pembelajaran di sekolah dasar misalnya dalam bidang bahasa dan ilmu sosial dapat digunakan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis masalah serta menggunakan strategi yang menarik dapat berupa storytelling, analisis buku cerita, dan praktik meregulasi emosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Pada penyelenggaraan pendidikan tidak hanya berupa transfer pengetahuan saja, akan tetapi pendidikan mencakup pada pengembangan diri peserta didik termasuk dalam sosial serta emosionalnya. Dalam mengembangkan sosial dan emosional peserta didik, diperlukan suatu bentuk pembelajaran yang dapat mengembangkan kepada keterampilan sosial dan emosional peserta didik. Pembelajaran sosial emosional merupakan suatu bentuk pendekatan pembelajaran yang di dalamnya mengajarkan mengenai regulasi diri, monitoring diri, serta kemampuan sosial dalam lingkungan. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional pada pembelajaran di sekolah dasar. Adapun pada penelitian digunakan metode kualitatif deskriptif dengan prosedur penelitian nya berupa kata-kata tertulis dari berbagai sumber. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional pada pembelajaran di sekolah dasar misalnya dalam bidang bahasa dan ilmu sosial dapat digunakan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis masalah serta menggunakan strategi yang menarik dapat berupa storytelling, analisis buku cerita, dan praktik meregulasi emosi.

References

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paragdigma Baru.

Azizah, A. A. M., & Maemonah. (2022). Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik : Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IX(1), 31–44. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1.31-44

Gonser, S. (2022). Developing Emotional Literacy Across the Grade Levels. Jing Jing Tsong.

Harper, L. J. (2016). Using Picture Books to Promote Social-Emotional Literacy. Preschool Through Primary Grades, 71, 80–86.

Helaluddin, & Alamsyah. (2019). Kajian Konseptual Tentang Social-Emotional Learning (SEL) dalam Pembelajaran Bahasa. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–16.

Kusumawati, E., & Ambarsari, R. Y. (2021). Implementasi Permainan Tradisional untuk Mengontrol Sosial Emosional Selama Proses Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 524–529. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.923

Nazir. (2013). Metode Penelitian.

Purnamasari, N. I., Isnaini, Z. P., & Azis, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Journal of Early Childhood Education Studies, 2, 192–231.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan : Implementasi Dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 964–972.

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning ( SEL ) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic : Social Emotional Learning ( SEL ) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8.
Published
2023-12-29
How to Cite
NURAENI, Irawati et al. Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 449 - 458, dec. 2023. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/3901>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i2.3901.