PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO

Consumptive Behavior

  • Rini Kartika Sari Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ida Subaida Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Kegiatan belanja online merupakan salah satu cara baru untuk berbelanja yang sedang trend digunakan dalam transaksi jual beli. Di kehidupan sehari-hari, penggunaan media sosial di internet sudah semakin berkembang pesat, bukan hanya pada kalangan dewasa saja tetapi juga pada kalangan anak muda (remaja). Adanya Online Shopping dapat memudahkan para remaja berbelanja sesuai keinginan mereka, seperti ingin memiliki barang yang unik atau lebih menarik, barang yang masih jarang digunakan oleh orang banyak dengan edisi terbatas (limited edition), atau juga mengikuti trend masa kini agar kelihatan lebih kekinian.  Tujuan dalam penelitian ini pertama, Menjabarkan pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Kedua, Mengeksplorasi dampak perkembangan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Penelitian dilaksanakan menggunakan  metode pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian Uji F (simultan) yang menunjukkan nilai signifikan 0,002 yakni di bawah 5%. Hal ini berarti bahwa Selective Attention, Motivasi, Kepercayaan, Pendapat dan Pembujukan, serta Kepribadian dan Penyesuaian Diri mempengaruhi mahasiswa untuk berperilaku konsumtif . Pengujian Uji t (parsial), Pendapat dan Pembujukan, serta Kepribadian dan Penyesuaian Diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kegiatan belanja online merupakan salah satu cara baru untuk berbelanja yang sedang trend digunakan dalam transaksi jual beli. Di kehidupan sehari-hari, penggunaan media sosial di internet sudah semakin berkembang pesat, bukan hanya pada kalangan dewasa saja tetapi juga pada kalangan anak muda (remaja). Adanya Online Shopping dapat memudahkan para remaja berbelanja sesuai keinginan mereka, seperti ingin memiliki barang yang unik atau lebih menarik, barang yang masih jarang digunakan oleh orang banyak dengan edisi terbatas (limited edition), atau juga mengikuti trend masa kini agar kelihatan lebih kekinian.  Tujuan dalam penelitian ini pertama, Menjabarkan pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Kedua, Mengeksplorasi dampak perkembangan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Penelitian dilaksanakan menggunakan  metode pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian Uji F (simultan) yang menunjukkan nilai signifikan 0,002 yakni di bawah 5%. Hal ini berarti bahwa Selective Attention, Motivasi, Kepercayaan, Pendapat dan Pembujukan, serta Kepribadian dan Penyesuaian Diri mempengaruhi mahasiswa untuk berperilaku konsumtif . Pengujian Uji t (parsial), Pendapat dan Pembujukan, serta Kepribadian dan Penyesuaian Diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

References

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael. 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53 (1). p. 61.

Ferdinand, Augusty. 2014. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Hidayat, Taufik, 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OS Commerce. Mediakita: Jakarta.

Jony, Wong. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setiowati, A, K, W., dan By, Jasly. 2012. Sikap Online Shopping Dan Niat Pencarian Informasi Terhadap Niat dan Perilaku Belanja. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 2. (1): 3-8.

Sugiono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV.Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Supranto, J. 2001. Statistik : Teori dan Aplikasi. Edisi 5, Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Tadashi, Fukutake. 1998. Masyarakat Jepang Dewasa Ini. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Published
2019-07-29
How to Cite
SARI, Rini Kartika; SUBAIDA, Ida. PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF ONLINE SHOPPING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 38-51, july 2019. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/367>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i1.367.
Section
Articles