PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa pengaruh dalam berbagai sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan dimana pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak bisa dilakukan melalui tatap muka tetapi harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Meskipun dilakukan secara jarak jauh kualitas pelayanan mesti tetap menjadi perhatian sehingga tetap memberikan kepuasan kepada semua pihak termasuk siswa dan orang tua. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua siswa di kelas tiga SD Nurul Fikri. Dengan teknik sampel acak metode pengumpulan data digunakan kuesioner yang dibagikan kepada seluruh orang tua dan diperoleh sampel 62 responden. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS 25 dengan metode analisis data memakai analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan yang bersama-sama antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan orang tua siswa. Secara parsial reliability dan assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa. Sedangkan tangible, responsiveness, empathy berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa.
Downloads
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa pengaruh dalam berbagai sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan dimana pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak bisa dilakukan melalui tatap muka tetapi harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Meskipun dilakukan secara jarak jauh kualitas pelayanan mesti tetap menjadi perhatian sehingga tetap memberikan kepuasan kepada semua pihak termasuk siswa dan orang tua. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan orang tua siswa di kelas tiga SD Nurul Fikri. Dengan teknik sampel acak metode pengumpulan data digunakan kuesioner yang dibagikan kepada seluruh orang tua dan diperoleh sampel 62 responden. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS 25 dengan metode analisis data memakai analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan yang bersama-sama antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap kepuasan orang tua siswa. Secara parsial reliability dan assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa. Sedangkan tangible, responsiveness, empathy berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa.
References
Candrianto, C. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang: Literasi Nusantara.
Eka, D., Putri, Y. H., & Karim, S. (2018). Kualitas Pelayanan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya (JMBS), 16(2).
Hamirul, H., & Alamsyahril, A. (2020). Good Governance Dalam Perspektif Kualitas Pelayanan Publik. Malang: CV Pustaka Learning Center.
Husamah, H., Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Penerbit Uniiversitas Muhamammadiyah Malang.
Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Kusumasitta, K. (2014). Relevansi Dimensi Kualitas Pelayanan Dan Puasan Pelanggan Bagi Pengunjung Museum Di Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(1), 153–176. https://doi.org/10.25105/jmpj.v7i1.525
Lahdji, A., Setiawan, M. R., & Purnamasari, W. I. (2016). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak Periode Mei-Oktober 2015. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 5(2), 1–7.
Lumempow, N. R., Mandey, S., & Rotinsulu, J. J. (2015). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri Tbk Cabang Bahu Mall Manado. Emba, 3(3), 1275–1286.
Muliaty, M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 77–82.
Ningsih, D. A., Imron, A., & Triwiyanto, T. (2018). Hubungan Persepsi Tentang Kualitas Dan Pelayanan Pendidikan Dengan Kepuasan Orang Tua Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 245–254. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p245
Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52–65. https://doi.org/10.21831/economia.v9i1.1376
Ruliati, R., Mulyani, S., Ambarwati, N., Evaretta, R. A., Rusmini, R., Sylilvia, I. L. A., … Arisanti, V. V. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Merdeka Belajar. Palembang: Penerbit Inteligi.
Sumarsomo, R. B. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Laboratorium. Manajemen Pendidikan, 23(5), 411–417.
Waruwu, N., Permatasari, S. Z., & Irmawati, H. P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Di Lembaga Pendidikan Primagama Gading Serpong.