PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) PADA PROGRAM PELATIHAN BALAI LATIHAN KERJA KOMUNITAS (BLKK) AMANAH KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Penerapan Model Evaluasi CIPP sebagai masukan dalam membantu mengatur keputusan, untuk menentukan sumber-sumber yang ada, alternatif serta rencana dan strategi untuk mencapai tujuan, dalam prosedur melalui sumber daya manusia, sarana dan peralatan pendukung, dana atau anggaran, dan berbagai prosedur dan aturan yang diperlukan dalam pelatihan menjahit di BLKK Amanah. Tujuan dari penelitian ini agar lebih mengetahui keefektifitasan pelatihan menjahit untuk peserta pelatihan. Pelatihan ini juga meningkatkan skill dan pendapatan peserta pelatihan atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara deskriftif. Teknik penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian penerapan dalam evaluasi CIPP (Conteks, Input, Process, Product) kepada peserta pelatihan menjahit yang menggunakan 10 patokan DIKMAS guna untuk melihat ketercapaian/keberhasilan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pada tahap evaluasi seorang evaluator dapat menentukan atau memberikan rekomendasi terhadap program kegiatan sehingga program dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuannya. Kesimpulan dari penerapan model evaluasi CIPP dapat membantu program pelatihan di BLKK Amanah untuk mengetahui input dan outcome dari pelatihan menjahit bagi peserta setelah adanya evaluasi CIPP.
Downloads
Abstract
Penerapan Model Evaluasi CIPP sebagai masukan dalam membantu mengatur keputusan, untuk menentukan sumber-sumber yang ada, alternatif serta rencana dan strategi untuk mencapai tujuan, dalam prosedur melalui sumber daya manusia, sarana dan peralatan pendukung, dana atau anggaran, dan berbagai prosedur dan aturan yang diperlukan dalam pelatihan menjahit di BLKK Amanah. Tujuan dari penelitian ini agar lebih mengetahui keefektifitasan pelatihan menjahit untuk peserta pelatihan. Pelatihan ini juga meningkatkan skill dan pendapatan peserta pelatihan atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara deskriftif. Teknik penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian penerapan dalam evaluasi CIPP (Conteks, Input, Process, Product) kepada peserta pelatihan menjahit yang menggunakan 10 patokan DIKMAS guna untuk melihat ketercapaian/keberhasilan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pada tahap evaluasi seorang evaluator dapat menentukan atau memberikan rekomendasi terhadap program kegiatan sehingga program dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuannya. Kesimpulan dari penerapan model evaluasi CIPP dapat membantu program pelatihan di BLKK Amanah untuk mengetahui input dan outcome dari pelatihan menjahit bagi peserta setelah adanya evaluasi CIPP.
References
Farida, Kun. (2017). Penerapan Evaluasi Model CIPP (Conteks, Input, Process, Product) Terhadap Hasil Belajar Pada Program Pembelajaran Fiqih Materi Zakat dan Hikmahnya Di Kelas X Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Skripsi FITK UIN Raden Fattah Palembang UIN Raden Fattah Palembang: Tidak diterbitkan
Hidayattulloh, R. R. (2017). Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Melukis Di Klub Merby Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Istiyani, N. M., & Utsman, U. (2019). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16810
Mahmudi, Ihwan. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Vol. 6, No. 1.
Murdiyanto, D. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_ KUALITAIF.docx
Nuraeni, Y., Yuliastuti, A., Nasution, F. A., Saepul Muharam, A., & Iqbal, F. (2022). Peran Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Dalam Menyediakan Tenaga Kerja Pada Dunia Usaha dan Industri. Jurnal Ketenagakerjaan, 17(1). https://doi.org/10.47198/naker.v17i1.124
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362.
Setiyaningrum, Ayu. (2016). Implementasi Model Evaluasi CIPP pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. Vol. V, No. 7.
Siregar, A. B. D. A. (2021). Evaluasi Model Cipp. Evaluasi Program Dan Kelembagaan Pendidikan Islam, 9(2), 163. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5904/1/Evaluasi Program Dan Kelembagaan Pendidikan Islam.pdf#page=170
Syarbaini Saleh, S.Sos., M.Si. Toni Nasution, M.Pd. Parida Harahap, M. S. (2020). pendidikan luar sekolah.
Umam, K. A. (2018). Implementasi Model Evaluasi Program Cipp Pada Pelatihan Pertanian Budidaya Cabai.
Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results