ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA PEMBUATAN TAHU DI DESA PAOWAN KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nilai tambah yang diperoleh dari usaha pembuatan tahu pada UD.Haji Imam Buhori di Desa Paowan Kecamatan Panarukan.Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) Metode penelitian yang digunakan adalah analisis diskriptif.Nilai tambah yang diperoleh pada usaha pembuatan tahu pada UD. Haji Imam Buhori di Desa Paowan dianalisis dengan metode hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah yang diperoleh pengusaha dalam produksi tahu sebesar Rp 1.712,- per papan tahu, keuntungan pengusaha dalam produksi tahu sebesar Rp 412,- per papan tahu dan sisanya sebesar Rp 1.300 per papan tahu merupakan imbalan tenaga kerja.
Downloads
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nilai tambah yang diperoleh dari usaha pembuatan tahu pada UD.Haji Imam Buhori di Desa Paowan Kecamatan Panarukan.Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) Metode penelitian yang digunakan adalah analisis diskriptif.Nilai tambah yang diperoleh pada usaha pembuatan tahu pada UD. Haji Imam Buhori di Desa Paowan dianalisis dengan metode hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah yang diperoleh pengusaha dalam produksi tahu sebesar Rp 1.712,- per papan tahu, keuntungan pengusaha dalam produksi tahu sebesar Rp 412,- per papan tahu dan sisanya sebesar Rp 1.300 per papan tahu merupakan imbalan tenaga kerja.
References
Hayami, et. al. 1987.Agricultural Marketing and Processing in Upland Java.
A Perspective From A Sunda Village. CGPRT, Bogor
Manullang, K. 1990. Pengukuran Produktivitas Dengan Metode Nilai
Tambah. Pusat Produktivitas Nasional, Jakarta.
Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM - press. Malang
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.Bandung