PENGELOLAAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO
Abstract
Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dari sebuah organisasi. Saat ini kemampuan sumber daya manusia (SDM) khususnya mahasiswa masih rendah baik dilihat dari kemampuan intelektual maupun keterampilan teknis yang dimiliki. Perkembangan teknologi yang seharusnya bisa mempermudah akses literasi bagi mereka, nyatanya tidak berbanding lurus dengan kemampuan peningkatan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kualitas literasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, serta mendeskripsikan bagaimana pengelolaan sumber daya manusia Fakultas Ekonomi dan Bisnis peningkatan literasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survey. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Hasil temuan yang didapat mahasiwa sebagai motor pergerakan tentunya harus dapat memahami setiap fenomena yang terjadi dalam setiap tindakannya, tentunya hal ini perlu diasah dengan tingkat literasi yang baik.
Downloads
Abstract
Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dari sebuah organisasi. Saat ini kemampuan sumber daya manusia (SDM) khususnya mahasiswa masih rendah baik dilihat dari kemampuan intelektual maupun keterampilan teknis yang dimiliki. Perkembangan teknologi yang seharusnya bisa mempermudah akses literasi bagi mereka, nyatanya tidak berbanding lurus dengan kemampuan peningkatan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kualitas literasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, serta mendeskripsikan bagaimana pengelolaan sumber daya manusia Fakultas Ekonomi dan Bisnis peningkatan literasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survey. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Hasil temuan yang didapat mahasiwa sebagai motor pergerakan tentunya harus dapat memahami setiap fenomena yang terjadi dalam setiap tindakannya, tentunya hal ini perlu diasah dengan tingkat literasi yang baik.
References
Babbie, Earl. 2004. The Practice of Social Research: 10th Edition. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.
Mondy, R. Wayne, and Robert M. Noe. 2005. Human Resource Management. Ninth Edition. USA: Prentice Hall.
Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. 2018. Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra Publishing House.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Teale, William H, Sulzby, Elizabeth. 1986. Emergent Literacy:Writing and Reading: Ablex Publication Corp. University of Minnesota