PENGELOLAAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO

  • Riska Ayu Pramesthi Manajemen SDM, Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Febri Ariyantiningsih Manajemen SDM, Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dari sebuah organisasi. Saat ini kemampuan sumber daya manusia (SDM) khususnya mahasiswa masih rendah baik dilihat dari kemampuan intelektual maupun keterampilan teknis yang dimiliki. Perkembangan teknologi yang seharusnya bisa mempermudah akses literasi bagi mereka, nyatanya  tidak berbanding lurus dengan kemampuan peningkatan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kualitas literasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, serta mendeskripsikan bagaimana pengelolaan sumber daya manusia Fakultas Ekonomi dan Bisnis peningkatan literasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.  Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survey. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Hasil temuan yang didapat mahasiwa sebagai motor pergerakan tentunya harus dapat memahami setiap fenomena yang terjadi dalam setiap tindakannya, tentunya hal ini perlu diasah dengan tingkat literasi yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dari sebuah organisasi. Saat ini kemampuan sumber daya manusia (SDM) khususnya mahasiswa masih rendah baik dilihat dari kemampuan intelektual maupun keterampilan teknis yang dimiliki. Perkembangan teknologi yang seharusnya bisa mempermudah akses literasi bagi mereka, nyatanya  tidak berbanding lurus dengan kemampuan peningkatan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kualitas literasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, serta mendeskripsikan bagaimana pengelolaan sumber daya manusia Fakultas Ekonomi dan Bisnis peningkatan literasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.  Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis survey. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Hasil temuan yang didapat mahasiwa sebagai motor pergerakan tentunya harus dapat memahami setiap fenomena yang terjadi dalam setiap tindakannya, tentunya hal ini perlu diasah dengan tingkat literasi yang baik.

References

Ari Cahyono. 2012. Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri. E-Journal Uniska Kediri.

Babbie, Earl. 2004. The Practice of Social Research: 10th Edition. Belmont: Wadsworth/Thomson Learning.

Mondy, R. Wayne, and Robert M. Noe. 2005. Human Resource Management. Ninth Edition. USA: Prentice Hall.

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. 2018. Literasi di Sekolah dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Teale, William H, Sulzby, Elizabeth. 1986. Emergent Literacy:Writing and Reading: Ablex Publication Corp. University of Minnesota
Published
2022-12-08
How to Cite
PRAMESTHI, Riska Ayu; ARIYANTININGSIH, Febri. PENGELOLAAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 584-593, dec. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/2499>. Date accessed: 16 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2499.
Section
Articles