PERANAN LOYALITAS DALAM MEMEDIASI BRAND IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN KOPI KAPAL API DI KABUPATEN BONDOWOSO

  • Yudha Praja Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abduracman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini untuk pengaruh Brand Image Dan Experiential Marketing terhadap minat beli ulang konsumen kopi Kapal Api di Kabupaten Bondowoso melalui loyalitas sebagai variabel intervening. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 230 dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan Brand Image (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y1); Experiential Marketing (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas (Y1); Brand Image (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y2); Experiential Marketing (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli (Y2); Loyalitas (Y1) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli (Y2).

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini untuk pengaruh Brand Image Dan Experiential Marketing terhadap minat beli ulang konsumen kopi Kapal Api di Kabupaten Bondowoso melalui loyalitas sebagai variabel intervening. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 230 dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan Brand Image (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas (Y1); Experiential Marketing (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas (Y1); Brand Image (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y2); Experiential Marketing (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli (Y2); Loyalitas (Y1) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli (Y2).

References

Abdullah, Thamrin., and Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT. Grafindo Persada

Budiarti,A.(2017).Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah Di Surabaya. EKUITAS(Jurnal Ekonomi Dan Keuangan).

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education, Inc

Kholilullah, Ahmad Sulthan. (2017). Influence of brand image, price, product quality and promotion to the purchasing decision of Datsun automobile in Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 6 No. 4

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Praja Yudha, 2016, Studi Tentang Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal Api (Pada Konsumen Kapal Api Di Bondowoso). e-Prosiding UNEJ, 144-157

Pramana, i G. Y., & Rastini, N. M. (2016). Nasabah dan loyalitas nasabah bank mandiri cabang veteran denpasar bali . E-Jurnal Manajemen UNUD, 5(1), 706–733

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia

Shafira, D.2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas

Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Shampoo Clear di Kota Semarang). Jurnal universitas
Diponegoro.volume 6

Tias,W.2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening.Volume 6. Halaman 1-4

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012), Pemasaran Strategik.Yogyakarta : ANDI

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.

Wakidah,E.N.2017. Pengaruh Harga,Citra Merek,dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.jilid 3.

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/
Published
2022-12-06
How to Cite
PRAJA, Yudha. PERANAN LOYALITAS DALAM MEMEDIASI BRAND IMAGE DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN KOPI KAPAL API DI KABUPATEN BONDOWOSO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 572-583, dec. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/2495>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2495.
Section
Articles