PENGARUH NILAI RON PADA BAHAN BAKAR JENIS BENSIN TERHADAP EMISI GAS BUANG
Abstract
Jumlah populasi kendaraan yang semakin meningkat menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat. Salah satu alat transportasi yang paling dominan adalah sepeda motor. Sepeda motor menggunakan bahan bakar jenis bensin sebagai sumber energi untuk menggerakkan elemen mesin. Bahan bakar minyak jenis bensin di Indonesia terdiri dari beberapa produk seperti premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo. Bahan bakar bensin yang beredar di pasaran dapat dibedakan dari nilai RON pada masing-masing jenis bahan bakar. Namun, konsumen jarang sekali memperhatikan manfaat penggunaan nilai RON pada kendaraan dan dampak yang dihasilkan pada lingkungan. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang pengaruh RON terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Uji emisi gas buang dilakukan dengan menggunakan gas analizer untuk mengetahui nilai HC, CO, CO2 dan O2. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran mesin (rpm). Hasil pengujian menghasilkan kadar HC terendah sebesar 43 ppm, CO terendah 0,31%, CO2 sebesar 18,8% pada putaran mesin 8.000 rpm sedangkan O2 tertinggi sebesar 21,03% pada putaran mesin 1.000 rpm dengan menggunakan pertamax turbo.
Downloads
Abstract
Jumlah populasi kendaraan yang semakin meningkat menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat. Salah satu alat transportasi yang paling dominan adalah sepeda motor. Sepeda motor menggunakan bahan bakar jenis bensin sebagai sumber energi untuk menggerakkan elemen mesin. Bahan bakar minyak jenis bensin di Indonesia terdiri dari beberapa produk seperti premium, pertalite, pertamax dan pertamax turbo. Bahan bakar bensin yang beredar di pasaran dapat dibedakan dari nilai RON pada masing-masing jenis bahan bakar. Namun, konsumen jarang sekali memperhatikan manfaat penggunaan nilai RON pada kendaraan dan dampak yang dihasilkan pada lingkungan. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang pengaruh RON terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar. Uji emisi gas buang dilakukan dengan menggunakan gas analizer untuk mengetahui nilai HC, CO, CO2 dan O2. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran mesin (rpm). Hasil pengujian menghasilkan kadar HC terendah sebesar 43 ppm, CO terendah 0,31%, CO2 sebesar 18,8% pada putaran mesin 8.000 rpm sedangkan O2 tertinggi sebesar 21,03% pada putaran mesin 1.000 rpm dengan menggunakan pertamax turbo.
References
Mara, I. M., Nuarsa, I. M., Alit, I. B., & Sayoga, I. M. A. (2019). Analisis emisi gas buang kendaraan berbahan bakar etanol. Dinamika Teknik Mesin, 9(1), 45. https://doi.org/10.29303/dtm.v0i0.258
Mara, I. M., Sayoga, I. M. A., Nuarsa, I. M., Alit, I. B., & Wiratama, K. (2020). Analisis unjuk kerja motor bensin 4 langkah 1 silinder 100 cc berbahan bakar etanol. Dinamika Teknik Mesin, 10(1), 10. https://doi.org/10.29303/dtm.v10i1.300
Mara, I. M., Sayoga, I. M. A., Yudhyadi, I. G. N. K., & Nuarsa, I. M. (2018). Analisis emisi gas buang dan daya sepeda motor pada volume silinder diperkecil. Dinamika Teknik Mesin, 8(1), 8. https://doi.org/10.29303/dtm.v8i1.154
Oktaviastuti, B., Handika, D., & Wijaya, S. (2017). Urgensi pengendalian kendaraan bermotor Di indonesia. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 5–8.
http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_rekayasa_teknik_sipil/article/view/188
P. Pomantow, R. A., A. Tumbuan, W. J. F., & R. Loindong, S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Daya Beli Bahan Bakar jenis Pertalite. Jurnal EMBA, 7(1), 521–530.
Prasetiyo, D. H. T., & Wahyudi, D. (2022a). Analisis Pengaruh Pipa Inner Sebagai Katalis Metanol Dengan Memanfaatkan Energi Panas Yang Terbuang. 5, 7–13.
Prasetiyo, D. H. T., & Wahyudi, D. (2022b). Pengaruh komposisi etanol sebagai zat aditif pada Sterculia Foetida Methil Ester terhadap pembakaran difusi. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 11(1). https://doi.org/10.24127/trb.v11i1.1923
Sebayang, A. H., Ibrahim, H., Dharma, S., Silitonga, A. S., Ginting, B. B., & Damanik, N. (2020). Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite-Bioetanol Biji Sorghum pada Mesin Bensin. Jurnal Teknosains, 9(2), 91. https://doi.org/10.22146/teknosains.40502
Setiawan, N. D. C., Prasetiyo, D. H. T., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh generator HHO dan etanol terhadap performa dan emisi gas buang mesin bensin. 12(2), 144–154.
Sinaga, N., & Rifal, M. (2017). Pengaruh Komposisi Bahan Bakar Metanol-Bensin Terhadap Torsi Dan Daya Sebuah Mobil Penumpang Sistem Injeksi Elektronik 1200 CC. Rotasi, 19(3), 147. https://doi.org/10.14710/rotasi.19.3.147-155
Susanto, M. T., Andrizal, & Martias. (2019). Pengaruh Jenis Bahan Bakar Bensin terhadap Daya , Torsi , dan Emisi pada Sepeda Motor 4 Tak. 37–46.
Wahyudi, D., Prasetiyo, D. H. T., & Muhammad, A. (2021). Pengaruh Bahan Bakar dan Busi terhadap Jarak Tempuh. 4(13), 1–6.