IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN COVID-19 (STUDI KASUS DI SDN KARANGREJO 02 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan pada masa darurat penyebaran Covid-19 di SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus 2021. Informan terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Wali Siswa dan Siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah model Implementasi Kebijakan George Edward III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Kebijakan Pendidikan Pada Masa Darurat Penyebaran Covid-19 di SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berjalan relatif baik.
Downloads
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan pada masa darurat penyebaran Covid-19 di SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus 2021. Informan terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Wali Siswa dan Siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah model Implementasi Kebijakan George Edward III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Kebijakan Pendidikan Pada Masa Darurat Penyebaran Covid-19 di SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember berjalan relatif baik.
References
Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, & Z A Ulfayati. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.5.
Handayani, L. S., & Zulaikhah, Z. (2020). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Di Era New Normal. AULADUNA: Jurnal Dasar Islam, 7(2), 176. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a7.2020
Kusnandar, I. (2012). Analisis Kebijakan Publik. Multazam.
Minsih, Jatin Sri Nandang, W. K. (2021). Covid-19, Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19 – Hermanto, Arita Marini, Mohamad Syarif Sumantri DOI: https://doi.org/10.31004/ basicedu .v5i3.936
Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku SumberTentang Metode-metode Baru, Jakarta: UI Press.
Nur Latifah, A. S. (2020). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887
Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
Nugroho, D, Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Saboowala, R., & Manghirmalani-Mishra, P. (2020). Perception of In-Service Teachers Towards Blended Learning as the New Normal in Teaching-Learning Process Post COVID-19 Pandemic. Research Square, 1–16
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/ metalingua.v5i1.7072
Widodo, Joko. 2010. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media