ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN DENGAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI WISATA PANTAI LOSARI KOTA MAKASSAR UNTUK MEWUJUDKAN INDUSTRI PARIWISATA KREATIF DAN BERKELANJUTAN
Abstract
Salah satu objek wisata yang unggulan di Kota Makassar yaitu Pantai Losari. Pantai Losari menjadi salah satu objek wisata favorit dengan tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai bagi wisatawan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Oleh karena itu dalam pengembangannya wisata Pantai Losari perlu ditata secara efektif dan efisien guna mendapatkan persepsi positif dari wisatawan. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan wisatawan objek wisata Pantai Losari. Metode dalam penelitian ini adalah metode Important Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis IPA terhadap lima variabel yakni citra obyek wisata, biaya, atraksi, aksesibilitas, dan fasilitas dan pelayanan, didapatkan faktor yang penting untuk dibenahi (kuadran I) adalah citra obyek wisata. Selanjutnya faktor yang dianggap telah memuaskan pengunjung (kuadran II) adalah biaya dan atraksi. Faktor yang dianggap tidak mendesak oleh pengunjung (kuadran III) adalah aksesibilitas dan terakhir faktor yang dianggap kurang penting atau diberikan terlalu berlebihan adalah fasilitas dan pelayanan di wisata Pantai Losari.
Downloads
Abstract
Salah satu objek wisata yang unggulan di Kota Makassar yaitu Pantai Losari. Pantai Losari menjadi salah satu objek wisata favorit dengan tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai bagi wisatawan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Oleh karena itu dalam pengembangannya wisata Pantai Losari perlu ditata secara efektif dan efisien guna mendapatkan persepsi positif dari wisatawan. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan wisatawan objek wisata Pantai Losari. Metode dalam penelitian ini adalah metode Important Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis IPA terhadap lima variabel yakni citra obyek wisata, biaya, atraksi, aksesibilitas, dan fasilitas dan pelayanan, didapatkan faktor yang penting untuk dibenahi (kuadran I) adalah citra obyek wisata. Selanjutnya faktor yang dianggap telah memuaskan pengunjung (kuadran II) adalah biaya dan atraksi. Faktor yang dianggap tidak mendesak oleh pengunjung (kuadran III) adalah aksesibilitas dan terakhir faktor yang dianggap kurang penting atau diberikan terlalu berlebihan adalah fasilitas dan pelayanan di wisata Pantai Losari.
References
Cobbinah, P. B. (2015). Contextualising the meaning of ecotourism. Tourism Management Perspectives, 16, 179-189.
Pendit, Nyoman S. 1994. Ilmu Pariwisata Sebagai Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.
Pitana, I Gede dan Diarta, I Ketut Surya. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi Publishing.
Rahman N, Prakoso E. 2012. Perspektif Stakeholders terhadap Potensi Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo. Jurnal Bumi Indonesia. Vol. 1(1):1858-1110.
Satria. M. R. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen dan Potensi Keberlanjutan Objek Wisata Pantai
Plentong, Indramayu. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Soedarso, et all. 2014. Potensi Dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam Dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 7 No. 2.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supranto, M.A. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk. Menaikkan Pangsa Pasar Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suriadi, Nur Adyla. 2015. Penataan Kawasan Pantai Losari Sebagai Urban Tourism Kota Makassar. Jurusan Arsitektur. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya
Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wijono, Djoko. 2014. Tingkat Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Pantai Kuwaru Sanden Bantul Yogyakarta. Jurnal Maksipreneur, Vol. Iv, No. 1, 2014, Hal. 22 – 35. Yogyakarta.
Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung.