STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN AGRIBISNIS MANGGA DI SITUBONDO

  • Andina Mayangsari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemasaran mangga di indonesia dan perumusan strategi pengembangan pemasaran untuk meningkatkan daya saing mango mangga di Situbondo.Penelitian ini meliputi studi literatur penelitian untuk mengetahui teori referensi yang relevan dengan kasus atau permasalahannya. ditemukan. Teori referensi yang diperoleh oleh studi literatur penelitian berfungsi sebagai landasan dasar dan alat utama untuk praktik penelitian di tengah lapangan. Data telah diperoleh dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif dilakukan dengan menggambarkan fakta-fakta yang kemudian diikuti dengan analisis, tidak hanya menguraikan, namun juga memberikan pemahaman dan penjelasan rasa. Strategi yang dapat dikembangkan di Situbondo adalah pengembangan sentra produksi mangga, bekerjasama dengan individu swasta, pembentukan koperasi petani mangga, promosi konsumsi mangga, Optimalisasi Peran Intelijen Pemasaran, Standarisasi Aplikasi Kebun Mangga dan Peningkatan Kerjasama Antara Eksportir Dengan Petani.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemasaran mangga di indonesia dan perumusan strategi pengembangan pemasaran untuk meningkatkan daya saing mango mangga di Situbondo.Penelitian ini meliputi studi literatur penelitian untuk mengetahui teori referensi yang relevan dengan kasus atau permasalahannya. ditemukan. Teori referensi yang diperoleh oleh studi literatur penelitian berfungsi sebagai landasan dasar dan alat utama untuk praktik penelitian di tengah lapangan. Data telah diperoleh dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif dilakukan dengan menggambarkan fakta-fakta yang kemudian diikuti dengan analisis, tidak hanya menguraikan, namun juga memberikan pemahaman dan penjelasan rasa. Strategi yang dapat dikembangkan di Situbondo adalah pengembangan sentra produksi mangga, bekerjasama dengan individu swasta, pembentukan koperasi petani mangga, promosi konsumsi mangga, Optimalisasi Peran Intelijen Pemasaran, Standarisasi Aplikasi Kebun Mangga dan Peningkatan Kerjasama Antara Eksportir Dengan Petani.

References

Soemarno.2009. “Pengembangan Produk Unggulan Mangga Di Kabupaten Madiun”, Jurnal Agritek”, Vol 17 No. 05

Sugeng,Januari 2014, “STRATEGI PEMASARAN BUAH MANGGA (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)”, Jurnal Manajemen Agribinis. vol 14 no 1

Supriatna,Ade. 2010.”Analisis Pemasaran Mangga “Gedong Gincu”(Studi kasus di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat)” Agrin, Vol 14 No.2

Supriatna,Ade. 2014. “Kinerja dan Prospek Pemasaran Komoditas Mangga (Studi Kasus Petani Mangga Di Propinsi Jawa Barat)”.Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP)

Purnama dkk.2014.”Strategi Peningkatan Pemasaran Mangga di Pasar Internasional”. J.Hort. Vol 24 No 01
Published
2017-07-24
How to Cite
MAYANGSARI, Andina. STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN AGRIBISNIS MANGGA DI SITUBONDO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 14-23, july 2017. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/19>. Date accessed: 06 nov. 2024.
Section
Articles