PENINGKATAN PEMAHAMAN DALAM PENYUSUNAN ARTIKEL BEREPUTASI TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF SIDOARJO
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Manajemen semester 4 untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun sebuah artikel bereputasi, menguasai struktur artikel, pengolahan daftar pustaka menggunakan Mendeley. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi adalah menggunakan kuantitatif dengan model One-Group Pre-test Post-test dengan melakukan Uji Paired Sample T-Test menggunakan alat analisis SPSS 28.0. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Pre-test dan Post-test yang diberikan kepada mahasiswa sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil dari nilai terendah dalam pre-test menunjukkan angka 20 dan meningkat menjadi 29 setelah adanya perlakuan. Demikian pula terjadi pada nilai maksimal dalam pre-test menunjukkan angka 29 meningkat menjadi 42 setelah adanya perlakuan. Paired Sample Test menujukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 adalah signifikan dan penyampaian materi penyusunan artikel bereputasi telah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa.
Downloads
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Manajemen semester 4 untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun sebuah artikel bereputasi, menguasai struktur artikel, pengolahan daftar pustaka menggunakan Mendeley. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi adalah menggunakan kuantitatif dengan model One-Group Pre-test Post-test dengan melakukan Uji Paired Sample T-Test menggunakan alat analisis SPSS 28.0. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Pre-test dan Post-test yang diberikan kepada mahasiswa sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil dari nilai terendah dalam pre-test menunjukkan angka 20 dan meningkat menjadi 29 setelah adanya perlakuan. Demikian pula terjadi pada nilai maksimal dalam pre-test menunjukkan angka 29 meningkat menjadi 42 setelah adanya perlakuan. Paired Sample Test menujukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 adalah signifikan dan penyampaian materi penyusunan artikel bereputasi telah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa.
References
Doyan, A., Susilawati, S., & Harjono, A. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel di Jurnal Nasional Terakreditasi dan Internasional Bereputasi Bagi Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Unram Journal of Community Service, 2(4), 95–98. https://doi.org/10.29303/ujcs.v2i4.133
Fajriah, N., Sumartono, S., Budiarti, I., & Riza, M. (2019). Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1790
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Jiwandono, I. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Internasional Bereputasi dengan Faktor Dampak yang Tinggi. Unram Journal of Community Service, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.29303/ujcs.v1i1.5
Haq, Mirajul; Perveen, Khalida; Amin, B. (2017). Karya Ilmiah Karya Ilmiah. Forman Journal of Economic Studies, 13(Icmi), 83–103. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21345.81769/1
Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381. https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.3511
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. JNPM: Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.
Ritonga, M., Syafaruddin, Tolentino, Hasibuan, K., Hasibuan, M., & Hasibuan, S. B. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN DOSEN TERHADAP STRATEGI PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL. Pengabdian, 6.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Susanto, H., Pratama, R. A., Perdana, Y., & Rachmedita, V. (2021). Pelatihan Cara Penulisan Buku Dan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sdn 31 Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.23960/buguh.v1n2.110