PENINGKATAN PEMAHAMAN DALAM PENYUSUNAN ARTIKEL BEREPUTASI TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF SIDOARJO

  • Achmad Fathoni Rodli Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Robbi’ul Hamzah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Rizza Fatma Aulia Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Dwi Lutfiana Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Irma Ika Wahyuni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Muhammad Hafidz Aris Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Khoirul Ngibad Program Studi D3 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatn Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Manajemen semester 4 untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun sebuah artikel bereputasi, menguasai struktur artikel, pengolahan daftar pustaka menggunakan Mendeley. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi adalah menggunakan kuantitatif dengan model One-Group Pre-test Post-test dengan melakukan Uji Paired Sample T-Test menggunakan alat analisis SPSS 28.0. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Pre-test dan Post-test yang diberikan kepada mahasiswa sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil dari nilai terendah dalam pre-test menunjukkan angka 20 dan meningkat menjadi 29 setelah adanya perlakuan. Demikian pula terjadi pada nilai maksimal dalam pre-test menunjukkan angka 29 meningkat menjadi 42 setelah adanya perlakuan. Paired Sample Test menujukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 adalah signifikan dan penyampaian materi penyusunan artikel bereputasi telah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Manajemen semester 4 untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun sebuah artikel bereputasi, menguasai struktur artikel, pengolahan daftar pustaka menggunakan Mendeley. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi adalah menggunakan kuantitatif dengan model One-Group Pre-test Post-test dengan melakukan Uji Paired Sample T-Test menggunakan alat analisis SPSS 28.0. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa Pre-test dan Post-test yang diberikan kepada mahasiswa sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil dari nilai terendah dalam pre-test menunjukkan angka 20 dan meningkat menjadi 29 setelah adanya perlakuan. Demikian pula terjadi pada nilai maksimal dalam pre-test menunjukkan angka 29 meningkat menjadi 42 setelah adanya perlakuan. Paired Sample Test menujukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 adalah signifikan dan penyampaian materi penyusunan artikel bereputasi telah berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa.

References

Darmalaksana, W. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Keberhasilan Mahasiswa dalam Publikasi Ilmiah Wahyudin. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021, 2012, 1–8.

Doyan, A., Susilawati, S., & Harjono, A. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel di Jurnal Nasional Terakreditasi dan Internasional Bereputasi Bagi Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Unram Journal of Community Service, 2(4), 95–98. https://doi.org/10.29303/ujcs.v2i4.133

Fajriah, N., Sumartono, S., Budiarti, I., & Riza, M. (2019). Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Hasil Penelitian Guru Matematika Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 106. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1790

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Jiwandono, I. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Internasional Bereputasi dengan Faktor Dampak yang Tinggi. Unram Journal of Community Service, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.29303/ujcs.v1i1.5

Haq, Mirajul; Perveen, Khalida; Amin, B. (2017). Karya Ilmiah Karya Ilmiah. Forman Journal of Economic Studies, 13(Icmi), 83–103. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21345.81769/1

Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381. https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.3511

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. JNPM: Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23.

Ritonga, M., Syafaruddin, Tolentino, Hasibuan, K., Hasibuan, M., & Hasibuan, S. B. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN DOSEN TERHADAP STRATEGI PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL. Pengabdian, 6.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Susanto, H., Pratama, R. A., Perdana, Y., & Rachmedita, V. (2021). Pelatihan Cara Penulisan Buku Dan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sdn 31 Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.23960/buguh.v1n2.110
Published
2022-07-08
How to Cite
RODLI, Achmad Fathoni et al. PENINGKATAN PEMAHAMAN DALAM PENYUSUNAN ARTIKEL BEREPUTASI TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF SIDOARJO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 293-300, july 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1894>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1894.
Section
Articles