EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs. AL-ULUM MEDAN

  • Dinda Syafira Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • M. Hangga Reksa B.R Sirait Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dipa Pratama Rambe Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter di MTs. Al-Ulum Medan, (2) memberikan rekomendasi baik kepada guru, sekolah, maupun pemerintah untuk perbaikan program pendidikan karakter. Jenis penelitian adalah evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Milles & Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan MTs. Al-Ulum Medan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter sudah tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter di MTs. Al-Ulum Medan, (2) memberikan rekomendasi baik kepada guru, sekolah, maupun pemerintah untuk perbaikan program pendidikan karakter. Jenis penelitian adalah evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Milles & Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan MTs. Al-Ulum Medan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter sudah tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.

References

Easterbrooks, S. R. & Scheets, N. A. (2004). Applying critical thinking skill to character education and values clarification with student who are deaf or hard hearing [Versi elektronik]. American Annals of the Deaf, Vol 149, No. 3, pp.255-263.

Horn, S. S., Daddis, C., & Killen, M. (2008). Peer relationships and social groups: implications for moral education. Dalam Nucci, Larry P. & Narvaez, Darcia (Eds), Handbook of Moral and Character Education. (pp.267-287). New York: Routledge.

Kemdiknas. (2010). Kerangka acuan pendidik- an karakter tahun anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas.

Kemdiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kemdiknas. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter (berdasarkan pengalaman di satuan pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema, D. (2012). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Kuntadi. (29 April 2010). Wah, anak sd pesta miras. Diakses tanggal 10 Juni 2022, dari http://news.okezone.com/read/ 2010/04/29/340/327436/wah-anak-sd- pesta-miras.

Kuntadi .(30 Juli 2012). Curi motor, pelajar ini ditangkap saat salat tarawih. Diakses tanggal 11 Juni 2022, dari http://jogja.okezone.com/read/2012/07/ 30/513/670611/curi-motor-pelajar-ini- ditangkap-saat-salat-tarawih.

Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 5, 239-251.

Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.
Madaus, G. F., Scriven, M. S., & Stufflebeam,

D. L. (1986). Evaluation model, viewpoint on educational and human services evaluation. Boston: Kluwer- Nijhoff Publishing.

Manery, R. (2010). Philosophy of education. London: Sage.

Razak, A. H. (12 Desember 2011). Pernikahan di bawah umur meningkat di Kulon Progo. Diakses tanggal 10 Juni 2022, dari http://www.harianjogja.com/baca/ 2011/12/12/pernikahan-di-bawah-umur- meningkat-di-kulonprogo-151144.

Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (edisi 2). (Terjemahan Tri Wibowo B.S). USA: Mc Graw – Hill Company, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2004).

Schunk, D. H., Printrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in education: theory, research, and applications (3rd ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program pendidikan dan penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris dan aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triatmanto. (2010). Tantangan implementasi pendidikan karakter di sekolah. Cakrawala Pendidikan, Th XXIX,187- 203.
Published
2022-11-18
How to Cite
SYAFIRA, Dinda; B.R SIRAIT, M. Hangga Reksa; RAMBE, Dipa Pratama. EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MTs. AL-ULUM MEDAN. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 408-421, nov. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1817>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.1817.
Section
Articles