PERKEMBANGAN PADA EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUS SALAM

  • Inom Nasution Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Bening Luhur Junani Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dian Fahmi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Echa Putri Khairani Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Evaluasi program merupakan suatu metode untuk mengetahui kinerja suatu program dengan membandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan atau tujuan yang ingin dicapai dengan hasil yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Perkembangan pada evaluasi program pendidikan di mis nurussalam. Secara khusus tujuan dari penelitian ini untuk menjawab permasalahan seperti Bagaimana proses perkembangan dari evaluasi program pendidikan yang di Mis Nurussalam. Apa yang menjadi penghambat dari perkembangan evaluasi program pendidikan yang ada di Mis Nurussalam. Apakah ada kegiatan rutin dalam mengevaluasi program pendidikan yang ada di Mis Nurussalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti mendapatkan informasi dari proses wawancara dan dokumentasi serta observasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurus Salam. Proses perkembangan evaluasi program pendidikan yang terjadi di MIS Nurus Salam tentunya mengalami kemajuan yang bertahap karena setiap evaluasi program memerlukan proses dan waktu dalam mencapai tujuan yang diinginkan agar program pendidikan yang dijalankan dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Evaluasi program merupakan suatu metode untuk mengetahui kinerja suatu program dengan membandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan atau tujuan yang ingin dicapai dengan hasil yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Perkembangan pada evaluasi program pendidikan di mis nurussalam. Secara khusus tujuan dari penelitian ini untuk menjawab permasalahan seperti Bagaimana proses perkembangan dari evaluasi program pendidikan yang di Mis Nurussalam. Apa yang menjadi penghambat dari perkembangan evaluasi program pendidikan yang ada di Mis Nurussalam. Apakah ada kegiatan rutin dalam mengevaluasi program pendidikan yang ada di Mis Nurussalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti mendapatkan informasi dari proses wawancara dan dokumentasi serta observasi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurus Salam. Proses perkembangan evaluasi program pendidikan yang terjadi di MIS Nurus Salam tentunya mengalami kemajuan yang bertahap karena setiap evaluasi program memerlukan proses dan waktu dalam mencapai tujuan yang diinginkan agar program pendidikan yang dijalankan dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik

References

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dalimunthe, Tiya Yulinda. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Anak Jalanan Di Pusat Kajian Dan Perlindungan Anak (Pkpa).

Lazwardi, Dedi, (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam.

Suharsimi, arikunto, (2010). Evaluasi program pendidikan, Jakarta: Bumi aksara, hlm. 123-125.
Published
2022-11-18
How to Cite
NASUTION, Inom et al. PERKEMBANGAN PADA EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUS SALAM. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 422-430, nov. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1806>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.1806.
Section
Articles