EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK AL WASHLIYAH 13 KOTA TEBING TINGGI
Abstract
Evaluasi pendidikan karakter mempunyai tujuan penanaman nilai dalam diri siswa dan pembaruan tata kehidupan bersama yang lebih menghargai kebebasan individu. Selain itu meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program pendidikan karakter di SMK Al Washliyah 13 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesiapan SMK Al Washliyah 13 Kota Tebing Tinggi melaksanakan program pendidikan karakter dinilai baik berdasarkan kurikulum yang telah diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung pendidikan karakter meliputi pemanfaatan dan pemeliharaan yang belum optimal. Beberapa tenaga pendidik belum memiliki pemahaman yang jelas mengenai program pendidikan karakter dan implementasinya di sekolah.
Downloads
Abstract
Evaluasi pendidikan karakter mempunyai tujuan penanaman nilai dalam diri siswa dan pembaruan tata kehidupan bersama yang lebih menghargai kebebasan individu. Selain itu meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi program pendidikan karakter di SMK Al Washliyah 13 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kesiapan SMK Al Washliyah 13 Kota Tebing Tinggi melaksanakan program pendidikan karakter dinilai baik berdasarkan kurikulum yang telah diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung pendidikan karakter meliputi pemanfaatan dan pemeliharaan yang belum optimal. Beberapa tenaga pendidik belum memiliki pemahaman yang jelas mengenai program pendidikan karakter dan implementasinya di sekolah.
References
Djudju Sudjana. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya), cet ke-1, h. 20-21.
Ismail, Shalahudin. & Aan Hasanah. 2020. Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Al Amar Vol.1 No.3
Jaelani, Ahmad. & Nova Asvio. 2019. Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.
Lickona, T. (2001). What Is Good Character. Reclaiming Children and Youth, 239-251.
Lickona, T. (2004). Character Matters: How To Help Our Children Develop Good Judgmen, Integrity, and Other Essential Virtues. New York:Touchstone.
Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Salirawati, Das. 2021. Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains. Vol. 4, No.1
Soedarsono, S. (2013). Karakter Mengenal Bangsa Gelap Menuju Terang. Elex Media Komputindo.
Wirawan. 2016. Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi, (Jakarta: Rajawali Pers), h. 9.