PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LKPD BERBASIS VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MATERI OPTIK
Abstract
LKPD atau Lembar Kinerja Peserta Didik merupakan media yang umum digunakan oelh guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Salah satu bentuk inovasi LKPD atau lembar kinerja peserta didik adalah LKPD berbasis virtual laboratorium. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran LKPD berbasis virtual laboratorium terhadap hasil belajar fisika siswa SMA materi optik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan ekperimen dengan memanfaatkan LKPD berbasis virtual laboratorium dengan materi optik. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA tahun ajaran 2021/2022 dengan pemilihan kelas dilakukan secara acak dengan 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 15 soal. Analisis data diperoleh dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,028 (< 0,05), sehingga dapat disimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran LKPD berbasis virtual laboratorium pada materi optik efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA NURIS Jember tahun ajaran 2021/2022.
Downloads
Abstract
LKPD atau Lembar Kinerja Peserta Didik merupakan media yang umum digunakan oelh guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Salah satu bentuk inovasi LKPD atau lembar kinerja peserta didik adalah LKPD berbasis virtual laboratorium. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran LKPD berbasis virtual laboratorium terhadap hasil belajar fisika siswa SMA materi optik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan ekperimen dengan memanfaatkan LKPD berbasis virtual laboratorium dengan materi optik. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA tahun ajaran 2021/2022 dengan pemilihan kelas dilakukan secara acak dengan 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 15 soal. Analisis data diperoleh dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,028 (< 0,05), sehingga dapat disimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran LKPD berbasis virtual laboratorium pada materi optik efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA NURIS Jember tahun ajaran 2021/2022.
References
Pakpahan, A. F. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Putra, I., Adlim, A., & Halim, A. (2016). Analisis Miskonsepsi Dan Upaya Remediasi Pembelajaran Listrik Dinamis Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire Dan Phet Simulation Di Sman Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2) : 13–19.
Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta : KEMENAG.RI.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1) : 10–14.
Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Penerapan Model Tgt Melalui Simulasi Phet Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Alat-Alat Optik. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2) : 1-9..
Sumirhasono, M. R., & Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran . Jember : Pustaka Abadi.