ANALISIS EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KARO
Abstract
Evaluasi program bertujuan untuk memberikan masukan, kajian dan pertimbangan dalam menentukan apakah program layak untuk diteruskan atau dihentikan. Dengan kondisi demikian maka istilah evaluasi program menjadi sesuatu yang lumrah di lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti mendapatkan informasi dari proses wawancara dan dokumentasi serta observasi di Madrasah Aliyah Negeri Karo. Hasil dari suatu proses penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Karo mendapatkan hasil bahwa pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Karo yaitu, cara Madrasah Aliyah Negeri Karo melakukan Evaluasi Program pendidikan untuk mendukung kemajuan dan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Karo dan Perubahan yang dialami Madrasah Aliyah Negeri Karo Setelah melakukan Evaluasi Program Pendidikan. Kesimpulannya adalah Evaluasi program pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Karo tetap dilakukan dengan memperhatikan situasi dan kondisi serta dilakukan dengan proses yang sistematis.
Downloads
Abstract
Evaluasi program bertujuan untuk memberikan masukan, kajian dan pertimbangan dalam menentukan apakah program layak untuk diteruskan atau dihentikan. Dengan kondisi demikian maka istilah evaluasi program menjadi sesuatu yang lumrah di lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana peneliti mendapatkan informasi dari proses wawancara dan dokumentasi serta observasi di Madrasah Aliyah Negeri Karo. Hasil dari suatu proses penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Karo mendapatkan hasil bahwa pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Karo yaitu, cara Madrasah Aliyah Negeri Karo melakukan Evaluasi Program pendidikan untuk mendukung kemajuan dan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Karo dan Perubahan yang dialami Madrasah Aliyah Negeri Karo Setelah melakukan Evaluasi Program Pendidikan. Kesimpulannya adalah Evaluasi program pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Karo tetap dilakukan dengan memperhatikan situasi dan kondisi serta dilakukan dengan proses yang sistematis.
References
Fitzpatrick, Jody, Christie, Christina dan Mark, Melvin M. 2009. Evaluation in Action: Interviews With Expert Evaluators. California: Sage Publications.
Joint Committee on Standars for Educational Evaluation. (1991). Ukuran Baku untuk Evaluasi Program, Proyek, dan Materi Pendidikan, terjemahan Rasdi Ekosiswoy. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sudjana, Djuju. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Spaulding, T. Dean. (2008). Program Evaluation in Practice: Core Concepts and Examples for Discussion and Analysis. San Fransisco: Jossey-Bass.
Stufflebeam, Daniel L. dan Shinkfield, Anthony J. 2007. Evaluation Theory, Models, and Application. San Francisco: Jossey-Bass. Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura:
Fairuz Media. Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan. Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
https://mankabanjahe.wordpress.com/profil/ diakses pada 25 Mei 22