IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM MODEL FORMATIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (STUDI KASUS DI MTsN 3 LABUHANBATU UTARA)

  • Wilianda Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Inom Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aziza Rahmah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nailan Nikmah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Citra Malinda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui secara rinci tentang: Aspek, teknik dan prosedur penilaian yang dilakukan guru pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII-E MTsN 3 Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi formatif yang dikembangkan Scriven dengan mencakup aspek penilaian, teknik penilaian, dan prosedur penilaian. Metode yang digunakan adalah dengan cara survei secara langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan,angket, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini ialah guru, kepala sekolah, siswa dan dokumentasi yang dikumpulkan melalui teknik survei, angket, wawancara serta studi dokumentasi. Untuk melakukan pengujian data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triagulasi sumber data. Selanjutnya data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Display data dan (4) Verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Aspek penilaian yang dilaksanakan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII-E MTsN 3 Labuhanbatu Utara meliputi aspek kognitif,aspek afektif dan aspek psikomotorik ; (2) Teknik yang digunakan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII-E MTsN 3 Labuhanbatu Utara dalam penilaian yang sudah dikembangkan dengan teknik tes tertulis, tes lisan, penugasan dan tes praktik, sedangkan teknik penilaian observasi , jurnal, penelitian diri dan penilaian antarteman belum dilaksanakan dan dikembangkan sebagaimana mestinya. Prosedur penilaian yang ditempuh guru belum sepenuhnya memenuhi komponen sebagaimana yang terdapat dalam buku panduan penilaian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui secara rinci tentang: Aspek, teknik dan prosedur penilaian yang dilakukan guru pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII-E MTsN 3 Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi formatif yang dikembangkan Scriven dengan mencakup aspek penilaian, teknik penilaian, dan prosedur penilaian. Metode yang digunakan adalah dengan cara survei secara langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan,angket, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini ialah guru, kepala sekolah, siswa dan dokumentasi yang dikumpulkan melalui teknik survei, angket, wawancara serta studi dokumentasi. Untuk melakukan pengujian data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triagulasi sumber data. Selanjutnya data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Display data dan (4) Verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Aspek penilaian yang dilaksanakan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII-E MTsN 3 Labuhanbatu Utara meliputi aspek kognitif,aspek afektif dan aspek psikomotorik ; (2) Teknik yang digunakan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII-E MTsN 3 Labuhanbatu Utara dalam penilaian yang sudah dikembangkan dengan teknik tes tertulis, tes lisan, penugasan dan tes praktik, sedangkan teknik penilaian observasi , jurnal, penelitian diri dan penilaian antarteman belum dilaksanakan dan dikembangkan sebagaimana mestinya. Prosedur penilaian yang ditempuh guru belum sepenuhnya memenuhi komponen sebagaimana yang terdapat dalam buku panduan penilaian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

References

Assingkily, M.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Efferi, A. (2014). “Aspek-aspek Penilaian Kualitas Guru PAI” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/778.

Hadiati, S., Anita, A., & Pramuda, A. (2020). “Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif pada Asisten Praktikum Laboratorium Fisika” Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(2), 35-39. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/263.

Hutapea, R.H. (2019). “Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151-165. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/94.

Mardapi, D. (2005). Rekayasa Sistem Penilaian dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: HEPI.

Nanda, F.A. (2016). “Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa” Jurnal Tematik, 6(3). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/4542.

Noviansah, A. (2020). “Objek dalam Assesment Penilaian (Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik)” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114-127. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3832.

Primasari, I.F.N.D., Marini, A., & Sumantri, M.S. (2021). “Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian di Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu, 5(3), 1479-1491. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/956.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). “Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap untuk Menilai Hasil Belajar” Edutaiment, 7(1), 71-81. https://edutainment.unmuhbabel.ac.id/index.php/Edutainment/article/view/164.

Salamah, U. (2018). “Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan” EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274-293. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/79.

Subagia, I.W., & Wiratma, I.G. (2016). “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013” JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39-55. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8293.

Umami, M. (2018). “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013” Jurnal Kependidikan, 6(2), 222-232. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2259.

Wibowo, H., & Muliya, A.P. (2021). “Implementasi Penilaian Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 145-156. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/7931.

Wildan, W. (2017). “Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah” Jurnal Tsatsqif, 15(2), 131-153. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/3.
Published
2022-06-13
How to Cite
MUNTHE, Wilianda et al. IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM MODEL FORMATIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (STUDI KASUS DI MTsN 3 LABUHANBATU UTARA). CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 281-292, june 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1787>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1787.
Section
Articles