AMTSAL: NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QURAN
Abstract
Amtsal alquran merupakan gagasan gaya bahasa yang padat namun indah perumpamaannya. Adapun tujuan daripada artikel ini ialah untuk mencari dan menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam al-Quran yang bentuk penyampaiannya menggunakan amtsal. Metode penulisan artikel ini ialah studi pustaka dengan menggunakan perumpamaan yang konkrit, sehingga para pembaca dan pendengar akan merasakan pesan yang disampaikan seakan terlihat secara langsung. Adapun kesimpulan dari penulisan artikel ini bahwa ada beberapa nilai- nilai pendidikan karakter yang disampaikan oleh Allah di dalam Alquran dengan menggunakan metode amtsal Alquran, di antaranya: untuk menjadi mukmin sejati, tidak terlalu mengedepankan hawa nafsu duniawi, bersikap bijaksana dalam mengelola harta, mengerjakan amal saleh, dan bertakwa kepada Allah ta’ala.
Downloads
Abstract
Amtsal alquran merupakan gagasan gaya bahasa yang padat namun indah perumpamaannya. Adapun tujuan daripada artikel ini ialah untuk mencari dan menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam al-Quran yang bentuk penyampaiannya menggunakan amtsal. Metode penulisan artikel ini ialah studi pustaka dengan menggunakan perumpamaan yang konkrit, sehingga para pembaca dan pendengar akan merasakan pesan yang disampaikan seakan terlihat secara langsung. Adapun kesimpulan dari penulisan artikel ini bahwa ada beberapa nilai- nilai pendidikan karakter yang disampaikan oleh Allah di dalam Alquran dengan menggunakan metode amtsal Alquran, di antaranya: untuk menjadi mukmin sejati, tidak terlalu mengedepankan hawa nafsu duniawi, bersikap bijaksana dalam mengelola harta, mengerjakan amal saleh, dan bertakwa kepada Allah ta’ala.
References
Aliyah, S. (2015). “Bukti Kebenaran Al-Quran” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 16(2), 103-117. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/511.
Al-Qattan, M.K. (2013). Mahabits fi Ulumil Qur’an. Terj. Mudzakir. Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
Arifin, H.M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Assingkily, M.S., & Miswar, M. (2020). “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19)” TAZKIYA, 9(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/836.
Assingkily, M.S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Cahyono, G. (2017). “Pendidikan Karakter Perspektif Alquran dan Hadis” Unpublished. IAIN Salatiga.
Hamid, S. (2022). Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Inti Media Cipta Nusantara.
Haq, S.Z. (2019). “Fenomena Wahyu Al-Quran” Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir, 2(2), 113-132. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/alfanar/article/view/90.
Jalal, A. (2000). Ulumul Quran. Surabaya: Dunia Ilmu.
Makrifah, N. (2020). “Macam dan Urgensi Amtsal dalam Al-Quran” At-Turots: Journal of Islamic Studies, 7(2), 216-232. file:///C:/Users/user/Downloads/21-Articles-100-2-10-20200824.pdf.
Maliki, A. (2013). Studi Al-Qur’an. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Mufid, F. (2011). “Pendekatan Filsafat Hermeneutika dalam Penafsiran al-Qur’an: Transformasi Global Tafsir Al-Qur’an” ULUL ALBAB: Jurnal Studi Islam, 12(1), 31-49. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ululalbab/article/view/2395.
Mujtahid, M. (2016). Model Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Terintegrasi dalam Perkuliahan. Malang: UIN Maliki Malang.
Mukarramah, O. (2013). Ulumul Quran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Familia.
Shihab, Q. (2005). Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.