PROBLEMATIKA INOVASI PENDIDIKAN INDONESIA

  • Lisna Amelia PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deti Rostika PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Probelmatika yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dengan adanya pengaruh Covid-19 yang menyebabkan aktivitas dan kontak sosial dibatasi seperti pada dunia pendidikan dimana pembelajaran dilakukan secara online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan adanya masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan, maka Kementrian Pendidikan melakukan inovasi untuk mengganti kurikulum pembelajaran yaitu dengan kurikulum khusus seperti kurikulum merdeka belajar dan kurikulum darurat. Hal tersebut untuk diimplementasikan dimasa pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan terutama setelah adanya Covid-19. Berbagai permasalahan yang dialami dalam bidang pendidikan harus menjadi inovasi pendidikan, dengan harapan hasil dan mutu pendidikan akan semaikin membaik dan dapat meningkat. Inovasi pendidikan harus diimplementasikan agar pendidikan selalu adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman serta tidak terjadi kesenjangan antara realitas dan idealitas. Dimana kurikulum akan menekankan tiga prioritas dasar, yaitu literasi, numerasi, dan pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Probelmatika yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dengan adanya pengaruh Covid-19 yang menyebabkan aktivitas dan kontak sosial dibatasi seperti pada dunia pendidikan dimana pembelajaran dilakukan secara online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan adanya masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan, maka Kementrian Pendidikan melakukan inovasi untuk mengganti kurikulum pembelajaran yaitu dengan kurikulum khusus seperti kurikulum merdeka belajar dan kurikulum darurat. Hal tersebut untuk diimplementasikan dimasa pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan terutama setelah adanya Covid-19. Berbagai permasalahan yang dialami dalam bidang pendidikan harus menjadi inovasi pendidikan, dengan harapan hasil dan mutu pendidikan akan semaikin membaik dan dapat meningkat. Inovasi pendidikan harus diimplementasikan agar pendidikan selalu adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman serta tidak terjadi kesenjangan antara realitas dan idealitas. Dimana kurikulum akan menekankan tiga prioritas dasar, yaitu literasi, numerasi, dan pendidikan karakter.

References

Darwin, M. (1991). Dampak Kependudukan terhadap Pemukiman. Populasi, Vol.2

El Widad, Z., & Abu Bakar, M. Y. (2021). Wajah baru pendidikan Indonesia di masa pandemi dan analisis problematika kebijakan pendidikan di tengah pandemi. MAPPESONA Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-12.

Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2021). Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 258-266. No.(2), 33.

Hadiningsih, S. R. (2021). Inovasi pembelajaran yang dilakukan guru di masa pandemi.

Hamid, M. 2011. Peranan PTK dalam Peningkatan Kualitas Guru.Variasi. ISSN: 2085-6172, Vol. 2 No. 6.

Huberman. (1973). Solving Educational Problems. New York: Praegar Publisher.

Ihsan, F. (1995). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. -, 1(1).

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2).
Published
2022-11-18
How to Cite
AMELIA, Lisna; ROSTIKA, Deti. PROBLEMATIKA INOVASI PENDIDIKAN INDONESIA. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 359-372, nov. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1735>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.1735.
Section
Articles