PENGARUH CYBER BRANDING DAN BRAND AWARNESS TERHADAP BUYING DECISION PADA PRODUK SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA MANAJEMEN STMB MULTISMART)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cyber branding dan brand awareness baik secara parsial maupun simultan terhadap buying decision pada produk Shopee. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif kuantitatif. Objek penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Manajemen STMB Multismart. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda, uji hipotesis dengan software SPSS 22. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi cyber branding terhadap Buying decision berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (2,323 > 1,984) (Sig 0.022 < α0.05). dengan demikian Ho ditolak. kesimpulannya : ada pengaruh signifikan cyber branding terhadap Buying decision produk pada Shopee. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi Brand awarness berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (6,851< 1,984) (Sig 0.000 < α0.05). dengan demikian H0 ditolak. kesimpulannya : ada pengaruh signifikan Brand awarness terhadap buying decision pada Shopee. Berdasarkan hasil uji F diatas diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar (24,342 > 3,10) (Sig. 0.000 < α0.05), dengan demikian H0 ditolak . kesimpulannya : ada pengaruh signifikan pengaruh cyber branding dan Brand awarness terhadap Buying decision produk pada Shopee.
Downloads
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cyber branding dan brand awareness baik secara parsial maupun simultan terhadap buying decision pada produk Shopee. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif kuantitatif. Objek penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Manajemen STMB Multismart. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, regresi berganda, uji hipotesis dengan software SPSS 22. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi cyber branding terhadap Buying decision berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (2,323 > 1,984) (Sig 0.022 < α0.05). dengan demikian Ho ditolak. kesimpulannya : ada pengaruh signifikan cyber branding terhadap Buying decision produk pada Shopee. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi Brand awarness berdasarkan uji t diperoleh sebesar thitung > ttabel (6,851< 1,984) (Sig 0.000 < α0.05). dengan demikian H0 ditolak. kesimpulannya : ada pengaruh signifikan Brand awarness terhadap buying decision pada Shopee. Berdasarkan hasil uji F diatas diperoleh nilai Fhitung > Ftabel sebesar (24,342 > 3,10) (Sig. 0.000 < α0.05), dengan demikian H0 ditolak . kesimpulannya : ada pengaruh signifikan pengaruh cyber branding dan Brand awarness terhadap Buying decision produk pada Shopee.
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 39–50.
Arianty, N. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Dies Natalis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, 76–87.
Bismala. L. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 73–82. Retrieved from https://ojs.uma.ac.id/index.php/jurnalakundanbisnis/article/view/1728/1588
Farisi, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB), 690–705.
Ghozali. I. (2005). Analisis Multivariat Dengan Menggunakan SPSS. Semarang: Undip.
Hasan. A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasu Pilihan. Jakarta: Caps.
Kotler. P. dan Kevin L. K. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler. P. dan Kevin L. K. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler. P dan Garry. A. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Graha Ilmu.
Peter. J. P dan Jerry C.O. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Rachmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.
Rangkuti. F. (2007). Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rivai, A. dan P. D. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Wacana Media.
Rosalina. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Andi.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108–122.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Bisnis (8th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013b). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. (2006). Manajemen Pemasaran 2. Yogyakarta: Akademi Perusahaan YKPN.
Thamrin. A. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Tjiptono. F. (2013). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi.
Zulkarnain. (2012). Ilmu Menjual, Pendekatan Teoritis, dan Kecakapan Menjual. Yogyakarta: Graha Ilmu.