ANALISIS KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU BAHASA INGGRIS DALAM MEMBENTUK HABITUASI KARAKTER PROFESIONAL

  • Alek Andika Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Encep Syarief Nurdin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yadi Ruyadi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebijakan sertifikasi guru bahasa inggris dalam membentuk karakter professional di sekolah-sekolah lingkungan Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan (PCLP) Ma’arif Kebumen. Tujuan sertifikasi guru itu sendiri adalah untuk menentukan  kelayakan  guru dan mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan, meningkatkan martabat guru, dan meningkatkan profesionalitas guru. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Pelaksanaan metode penelitian ini tidak hanya terbatas pada pengumpulan dan penyusunan data saja,  akan  tetapi  sangat  komplek  dan  luas yaitu  meliputi  analisis  dan  interpretasi  tentang  data tersebut, selanjutnya data yang dikumpulkan memungkinkan menjadi kunci atau jawaban terhadap apa yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi dapat meningkatkan profesionalisme guru Bahasa Inggris dilingkungan PCLP Ma’arif Kebumen. Kebijakan sertifikasi guru hampir sepenuhnya tercapai yaitu meningkatnya profesionalisme, kemampuan dan kompetensi guru. Hal ini juga didukung karena adanya workshop, pertemuan ilmiah dan kewajiban penelitian ilmiah rutin yang  membantu guru dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru. Dengan demikian hasil analisis terkait kebijakan sertifikasi guru Bahasa Inggris ternyata dapat menanamkan habituasi karakter professional.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebijakan sertifikasi guru bahasa inggris dalam membentuk karakter professional di sekolah-sekolah lingkungan Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan (PCLP) Ma’arif Kebumen. Tujuan sertifikasi guru itu sendiri adalah untuk menentukan  kelayakan  guru dan mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan, meningkatkan martabat guru, dan meningkatkan profesionalitas guru. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Pelaksanaan metode penelitian ini tidak hanya terbatas pada pengumpulan dan penyusunan data saja,  akan  tetapi  sangat  komplek  dan  luas yaitu  meliputi  analisis  dan  interpretasi  tentang  data tersebut, selanjutnya data yang dikumpulkan memungkinkan menjadi kunci atau jawaban terhadap apa yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi dapat meningkatkan profesionalisme guru Bahasa Inggris dilingkungan PCLP Ma’arif Kebumen. Kebijakan sertifikasi guru hampir sepenuhnya tercapai yaitu meningkatnya profesionalisme, kemampuan dan kompetensi guru. Hal ini juga didukung karena adanya workshop, pertemuan ilmiah dan kewajiban penelitian ilmiah rutin yang  membantu guru dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru. Dengan demikian hasil analisis terkait kebijakan sertifikasi guru Bahasa Inggris ternyata dapat menanamkan habituasi karakter professional.

References

Abin Syamsudin,(1999), Pengembangan Profesi dan Kinerja Tenaga Kependidikan. Bandung :PPS Univesitas Pendidikan Indonesia

A. Sanusi. (1987). Apa YangMembuatIKIP Kita JKJP. Bandung: IKIP Bandung.

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, cetakan keenam, (Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2012), h. 8

Maister, H. David. 1998, True Professionalism, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, cetakan I, (Jogjakarta: Ar-ruzz Media Group, 2008), h. 11.

Muhammad, Rifqi. (2008). Analisis Hubungan antara Profesionalisme Auditor dengan Pertimbangan Tingkat Materialitas dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan. Dalam Jurbal Fenomena. [Online]. Vol 6 (1), 20 halaman. Tersedia: http://www.uii.ac.id; http://dppm.uii.ac.id

Payong, Marselus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks.

Poerwopoespito Oerip dan Tatang Utomo, Menggugah Mentalita Profesional dan Pengusaha, Grasindo:Gramedia, (2000 : 266).

Rhee, Michelle. 2009. Michelle Rhee Defines "Good Teaching." Tersedia online: http://www.prospect.org/csnc/blogs/tapped_archive%3Fmonth%3D08%26year%3D2009%26base_name%3Dmichelle_rhee_defines_good_tea&usg=__rsGRVIkQN7CzlZyx4GWMJtwCOVs=&h=674&w=675&sz=73&hl=id&start=8&um=1&tbnid=s_Uh_SUJXK3jM:&tbnh=138&tbnw=138&prev=/images%3Fq%3Dquality%2Bteaching%2Band%2Blearning%2Bframework%26hl%3Did%26sa%3DN%26um%3D1

Suwardi. (2017). Dampak Sertifikasi Terhadap Peningkatan Kualitas Guru. http://Eprints.Stainsalatiga.ac.id.

UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Published
2022-04-14
How to Cite
ANDIKA, Alek; NURDIN, Encep Syarief; RUYADI, Yadi. ANALISIS KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU BAHASA INGGRIS DALAM MEMBENTUK HABITUASI KARAKTER PROFESIONAL. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 86-94, apr. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1451>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1451.
Section
Articles