ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KOMBINATORIKA PADA KELAS 9-12

  • Alliyyah Zahra Permata Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Anadia Muli Mariela Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Febilia Anisa Purnama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Miftahul Jannah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Septa Angelia Aprita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Ulan Dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Meryansumayeka Meryansumayeka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Zulkardi Zulkardi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menggambarkan kemampuan siswa dalam pemahaman nya mengenai materi kombinatorika untuk mengerjakan soal – soal kelas 9-12 dengan menerapkan Systematic Listing and Counting pada prosesnya. Kombinatrika atau daftar dan berhitung sistematis adalah cara siswa dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan daftar dan perhitungan yang tersusun atau sistematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah fokus kepada siswa kelas 9-12. Penelitian ini difokuskan pada kelas 9-12 karena pada penggunaan notasi aljabar dan penalaran yang semakin umum untuk memperluas dan menjelaskan sesuatu masalah yang berhubungan dengan topik yang telah dibahas pada kelas sebelumnya. Dalam penelitian ini kami merancang dan membuat beberapa level soal dengan tingkatan dari yang mudah, sedang, hingga ketingkatan yang sulit. Dengan melakukan survei atau percobaan pada siswa kelas 9-12, kami dapat mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal sesuai dengan tingkatan level soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menggambarkan kemampuan siswa dalam pemahaman nya mengenai materi kombinatorika untuk mengerjakan soal – soal kelas 9-12 dengan menerapkan Systematic Listing and Counting pada prosesnya. Kombinatrika atau daftar dan berhitung sistematis adalah cara siswa dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan daftar dan perhitungan yang tersusun atau sistematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah fokus kepada siswa kelas 9-12. Penelitian ini difokuskan pada kelas 9-12 karena pada penggunaan notasi aljabar dan penalaran yang semakin umum untuk memperluas dan menjelaskan sesuatu masalah yang berhubungan dengan topik yang telah dibahas pada kelas sebelumnya. Dalam penelitian ini kami merancang dan membuat beberapa level soal dengan tingkatan dari yang mudah, sedang, hingga ketingkatan yang sulit. Dengan melakukan survei atau percobaan pada siswa kelas 9-12, kami dapat mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal sesuai dengan tingkatan level soal.

References

Anggrayni, Dina, Haryanto Haryanto, and Syaiful Syaiful. 2021. “Analisis Epistemic Cognition Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Materi Teori Peluang.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1). doi: 10.31004/cendekia.v5i1.557.

Astuti, Astuti. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2). doi: 10.31004/cendekia.v5i2.573.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Isnani, S.B. Waluya, Rochmad, Dwijanto, T. S. .. Asih. 2021. “Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pada Matakuliah Analisis Real.” Proseding Seminar Nasional Matematika 4.

Mu’tashimah, Amatullah, Agustiany Dumeva Putri, and Feli Ramury. 2020. “Lilin Sebagai Konteks Materi Tabung Pada LKPD Berbasis PMRI.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 6(1). doi: 10.30998/jkpm.v6i1.7776.

Mulyani, Ai, Eneng Kurnia Nur Indah, and Angga Permana Satria. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2). doi: 10.31980/mosharafa.v7i2.24.

Nawafilah, Nur Qomariyah, and Masruroh Masruroh. 2020. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 3(01). doi: 10.30736/jab.v3i01.42.

Rukin. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.

Yanti, Williza, Toto Nusantara, and Abd Qohar. 2016. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Malang 1.
Published
2022-04-08
How to Cite
PUTRI, Alliyyah Zahra Permata et al. ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KOMBINATORIKA PADA KELAS 9-12. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 9-17, apr. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1365>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1365.
Section
Articles