ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KOMBINATORIKA PADA KELAS 9-12
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menggambarkan kemampuan siswa dalam pemahaman nya mengenai materi kombinatorika untuk mengerjakan soal – soal kelas 9-12 dengan menerapkan Systematic Listing and Counting pada prosesnya. Kombinatrika atau daftar dan berhitung sistematis adalah cara siswa dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan daftar dan perhitungan yang tersusun atau sistematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah fokus kepada siswa kelas 9-12. Penelitian ini difokuskan pada kelas 9-12 karena pada penggunaan notasi aljabar dan penalaran yang semakin umum untuk memperluas dan menjelaskan sesuatu masalah yang berhubungan dengan topik yang telah dibahas pada kelas sebelumnya. Dalam penelitian ini kami merancang dan membuat beberapa level soal dengan tingkatan dari yang mudah, sedang, hingga ketingkatan yang sulit. Dengan melakukan survei atau percobaan pada siswa kelas 9-12, kami dapat mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal sesuai dengan tingkatan level soal.
Downloads
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menggambarkan kemampuan siswa dalam pemahaman nya mengenai materi kombinatorika untuk mengerjakan soal – soal kelas 9-12 dengan menerapkan Systematic Listing and Counting pada prosesnya. Kombinatrika atau daftar dan berhitung sistematis adalah cara siswa dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan daftar dan perhitungan yang tersusun atau sistematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah fokus kepada siswa kelas 9-12. Penelitian ini difokuskan pada kelas 9-12 karena pada penggunaan notasi aljabar dan penalaran yang semakin umum untuk memperluas dan menjelaskan sesuatu masalah yang berhubungan dengan topik yang telah dibahas pada kelas sebelumnya. Dalam penelitian ini kami merancang dan membuat beberapa level soal dengan tingkatan dari yang mudah, sedang, hingga ketingkatan yang sulit. Dengan melakukan survei atau percobaan pada siswa kelas 9-12, kami dapat mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal sesuai dengan tingkatan level soal.
References
Astuti, Astuti. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2). doi: 10.31004/cendekia.v5i2.573.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Isnani, S.B. Waluya, Rochmad, Dwijanto, T. S. .. Asih. 2021. “Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pada Matakuliah Analisis Real.” Proseding Seminar Nasional Matematika 4.
Mu’tashimah, Amatullah, Agustiany Dumeva Putri, and Feli Ramury. 2020. “Lilin Sebagai Konteks Materi Tabung Pada LKPD Berbasis PMRI.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 6(1). doi: 10.30998/jkpm.v6i1.7776.
Mulyani, Ai, Eneng Kurnia Nur Indah, and Angga Permana Satria. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2). doi: 10.31980/mosharafa.v7i2.24.
Nawafilah, Nur Qomariyah, and Masruroh Masruroh. 2020. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 3(01). doi: 10.30736/jab.v3i01.42.
Rukin. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.
Yanti, Williza, Toto Nusantara, and Abd Qohar. 2016. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Malang 1.