PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. TAHU TIGA BERLIAN PROBOLINGGO

  • Albert Steinado Lava Universitas Panca Marga
  • Joni Hendra Universitas Panca Marga

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan layanan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui variabel mana antara kualitas produk dan layanan yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada UD Tahu Tiga Berlian, Desa Jabung, Kabupaten Candi Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 38 responden yang merupakan pelanggan pada UD Tahu Tiga Berlian di Desa Jabung Candi Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan pelayanan (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) yang diperoleh nilai Fhitung = 40,483 > Ftabel 3,26. Kemudian dari uji parsial terbukti bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian variabel Y dengan nilai 5,088 > ttabel 2,030 sedangkan variabel pelayanan (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Y dengan nilai dari t hitung 4,639 > ttabel 2,030. dan variabel kualitas produk berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Perusahaan Tahu Tiga Intan Desa Jabung Candi Kabupaten Probolinggo (5,088 > 4,639).

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk dan layanan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui variabel mana antara kualitas produk dan layanan yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada UD Tahu Tiga Berlian, Desa Jabung, Kabupaten Candi Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 38 responden yang merupakan pelanggan pada UD Tahu Tiga Berlian di Desa Jabung Candi Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan pelayanan (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) yang diperoleh nilai Fhitung = 40,483 > Ftabel 3,26. Kemudian dari uji parsial terbukti bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian variabel Y dengan nilai 5,088 > ttabel 2,030 sedangkan variabel pelayanan (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Y dengan nilai dari t hitung 4,639 > ttabel 2,030. dan variabel kualitas produk berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Perusahaan Tahu Tiga Intan Desa Jabung Candi Kabupaten Probolinggo (5,088 > 4,639).

References

Bayu Sutrisna Aria Sejati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Cristiani D.Manegal 2015, Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV.Esa Genangku, Jurnal EMBA, Volume 3 Nomor 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Manajemen). Penerbit Pustaka Baru. Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga dengan Power MacPro. PT.Gelora Aksara Pratama.

Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukaromah, Zaenal. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Cetakan Ke-1. Penerbit CV Pustaka Setia. Bandung.

Nur Nasution, M. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. (Total Mutu Terpadu), Cet. 1, Ed.3. Penerbit Ghalia Indonesia : Bandung.

Ratnasari, Ririn Tri, dan Aksa, Mashuti H. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Yamit, Zulian. (2016). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: EKONISIA

Yudhi Soewito : 2013. Kualitas Produk, Merek, dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio, Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 3. Fakutas Ekonomi Jurusan Manajemen.Universitas Ratulangi Manado.
Published
2021-12-01
How to Cite
LAVA, Albert Steinado; HENDRA, Joni. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. TAHU TIGA BERLIAN PROBOLINGGO. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 238 - 248, dec. 2021. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1078>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i2.1078.
Section
Articles