ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SDN 2 BANYUPUTIH TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nurul Fatimah Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca di sekolah dasar khusunya di kelas rendah memang kerap kita temui yang mana dalam observasi yang kelompok kita lakukan yaitu di SDN 2 Banyuputih yang terletak di Jalan Raya Pantura Banyuwangi Situbondo, Kecamatan Banyuputih. Dengan jumlah keseluruhan siswanya sebanyak 156 siswa dan untuk siswa kelas 2 sebanyak 21 siswa. Terkait observasi yang kita amati khususnya dari keseluruhan jumlah siswa kelas 2 masih terdapat 10 siswa yang belum bisa membaca hal tersebut menjadi problematika beberapa siswa yang masih memiliki keterlambatan pengetahuan dalam membaca.Proses wawancara di lakukukan sesuai dengan prosedur sekolah guna mendapatkan informasi data yang berdasarkan fakta akurat terkait permasalahan yang ada.  Menurut Kepala Sekolah SDN 2 Banyuputih (Cicik Kurnianingsih, S.Pd) Guru Pengajar kelas 2 (Dwi Erniwati, S.Pd) Guru Pengajar kelas tinggi (Zainap, S.Pd) dan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Ariyanto, S.Pd Gr). Rendahnya kemampuan membaca memang di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal berupa kemampuan dan minat siswa itu sendiri dan faktor eksternal berupa faktor keluarga atau orang tua, faktor lingkungan dan faktor ekonomi yang mana fakta yang kita peroleh dari hasil observasi tersebut sesuai dengan fakta dan teori yang ada. Dari ke-3 faktor tersebutlah yang menjadi tolak ukur dan memiliki pengaruh terhadap menentukan keberhasilan siswa salam proses pembekalan khususnya pengembangan dan kemampuan pengetahuan membaca yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik.

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca di sekolah dasar khusunya di kelas rendah memang kerap kita temui yang mana dalam observasi yang kelompok kita lakukan yaitu di SDN 2 Banyuputih yang terletak di Jalan Raya Pantura Banyuwangi Situbondo, Kecamatan Banyuputih. Dengan jumlah keseluruhan siswanya sebanyak 156 siswa dan untuk siswa kelas 2 sebanyak 21 siswa. Terkait observasi yang kita amati khususnya dari keseluruhan jumlah siswa kelas 2 masih terdapat 10 siswa yang belum bisa membaca hal tersebut menjadi problematika beberapa siswa yang masih memiliki keterlambatan pengetahuan dalam membaca.Proses wawancara di lakukukan sesuai dengan prosedur sekolah guna mendapatkan informasi data yang berdasarkan fakta akurat terkait permasalahan yang ada.  Menurut Kepala Sekolah SDN 2 Banyuputih (Cicik Kurnianingsih, S.Pd) Guru Pengajar kelas 2 (Dwi Erniwati, S.Pd) Guru Pengajar kelas tinggi (Zainap, S.Pd) dan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Ariyanto, S.Pd Gr). Rendahnya kemampuan membaca memang di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal berupa kemampuan dan minat siswa itu sendiri dan faktor eksternal berupa faktor keluarga atau orang tua, faktor lingkungan dan faktor ekonomi yang mana fakta yang kita peroleh dari hasil observasi tersebut sesuai dengan fakta dan teori yang ada. Dari ke-3 faktor tersebutlah yang menjadi tolak ukur dan memiliki pengaruh terhadap menentukan keberhasilan siswa salam proses pembekalan khususnya pengembangan dan kemampuan pengetahuan membaca yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik.

References

Simbolon, Naeklan. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Banten : UNTIRTA.
Sudjana. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Jakarta: Grasindo
Suprayekti. 2003. Motivasi dalam belajar. Jakarta: PPPLPTK
Tabrani dkk. 1992. Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung, CV. Alfabeta.
Rahim, farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Trinandita. 2004. Evaluasi diri demi peningkatan mutu pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Warsono dan Hariyanto, 2012. Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuriah. 2003. Evaluasi diri demi peningkatan mutu pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Published
2023-05-16
How to Cite
ROFEK, Aenor; FATIMAH, Nurul. ANALISIS RENDAHNYA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SDN 2 BANYUPUTIH TAHUN AJARAN 2022/2023. CENDEKIA PENDIDIKAN, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 26-31, may 2023. ISSN 2964-0997. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cendekiapendidikan/article/view/3061>. Date accessed: 29 june 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i2.3061.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.