KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) DI KORONG KAMPUNG KANDANG KOTO GADIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • Astri Humaira Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang

Abstract

Tumbuhan cabai (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan yang paling banyak di tanam oleh masyarakat. Salah satu kendala dalam budidaya tanaman cabai adalah adanya serangga hama yang menyebabkan kerusakan tanaman cabai. Penelitian bertujuan menjelaskan variasi spesies serangga yang ditemukan pada tanaman cabai di Korong Kampung Kandang Koto Gadis, Kabupaten Padang Pariaman. Peneltian bersifat deskriptif eksploratif, analisis keragaman serangga berdasarkan indeks Shannon-Wiener. Hasil penelitian menunjukkan serangga yang ditemukan yaitu 5 dari 4 famili dari 3 ordo. Indeks keanekaragaman Shanon-Wiener (H’) yaitu 1,267 yang menunjukkan tingkat keanekaragaman spesies termasuk kategoru sedang.

Published
2024-06-28
How to Cite
HUMAIRA, Astri; ZULYUSRI, Zulyusri. KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) DI KORONG KAMPUNG KANDANG KOTO GADIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN. BIOGENIC : Jurnal Ilmiah Biologi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-5, june 2024. ISSN 2988-5566. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/biogenic/article/view/3814>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/biogenic.v2i1.3814.