STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN JAMUR TIRAM DI UD. IRZAN (STUDI KASUS DI DESA KALIBAGOR KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO)
Abstract
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Pemasaran produk pertanian sangat berbeda dengan berbagai produk lain sebab mudah rusak dan tidak tahan lama, karenanya para pelaku dibidang ini harus mempertimbangkan berbagai hal di dalam pemasaran yang berimbas pada kepuasan konsumen, dimana hal tersebut sangat menentukan loyalitas konsumen terhadap produk pertanian. Jamur tiram (Pleurotus Ostreatus) merupakan salah satu jamur kayu yang banyak diminati oleh masyarakat. Tanaman ini merupakan salahsatu tanaman yang dibudidayakan secrara intensif oleh sebagian petani di Desa Kalibagor Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo sekitar 3 tahun terakhir. Strategi pemasaran merupakan faktor utama yang mempengaruhi timbulnya loyalitas konsumen, karenanya variabel-variabel dalam strategi pemasaran berupa Produk (Product), Harga (Place), Lokasi (Place), Promosi (Promotion), ketersediaan produk dan harga merupakan aspek yang dikaji guna melihat pengaruhnya terhadap Loyalitas konsumen akan produk Jamur Tiram di Desa Kalibagor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel-variabel dalam strategi pemasaran yang berupa produk (product), harga (place), tempat (place), promosi (promotion) tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen akan produk jamur tiram UD. IRZAN di Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo hanya secara simultan atau bersama-sama dengan besaran pengaruh yang ditimbulkan adalah 52,3 % sesdangkan sisanya yakni sebesar 47,7 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Downloads
References
Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Universitas Diponegoro: Semarang.
Ghozali.2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. UNDIP: Semarang.
Gujarati, Damodar N. 2006. Ekonometrika Dasar. Erlangga: Jakarta.
Hakim, Nelly, dkk. 2001.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Produk Sebagai Kinerja Pemasaran. Meutia: Jakarta
Handi, Irwan. 2006. 10 Psinsip Kepuasan Pelanggan. GramediaPustaka Utama: Jakarta.
Harini. 2008. Makroekonomi Pengantar. PT Gramedia Pustaka: Jakarta.
Husein Umar. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Irawan. 2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan Konsumen. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta.
Kotler dan Susanto. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Analis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat: Jakarta.
Kotler, Amstrong. 2007. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prehallindo: Jakarta.
Kotler, Philip. 2007.Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas, Edisi Bahasa Indonesia.PT. Indeks: Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran,Edisi Kedua Belas. PT. Indeks: Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Menajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Erlangga: Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2012. Principles of Marketing. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Sugiyono. 2000. Statistik Untuk Penelitian. CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta: Bandung.
ThomasWZimmerer dan Norman M Scarborough. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Andi: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012.Pemasaran Strategik. Andi: Yogyakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.