ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK IKAN PINDANG DI PASAR PRAJEKAN

  • Kholifahtun Jannah Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sutrisno Sutrisno Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Karakteristik dari pengolahan tradisional adalah kemampuan pengetahuan pengolah rendah dengan keterampilan yang diperoleh secara turun-menurun, tingkat sanitasi dan hygiene rendah, sesuai dengan keadaan disekitarnya. Ikan pindang merupakan salah satu hasil olahan yang cukup populer di Indonesia, dalam urutan hasil olahan tradisional menduduki tempat kedua setelah ikan asin. Permintaan ikan pindang di Bondowoso tepatnya di Kecamatan mereka yang datang lalu bertransaksi ikan pindang di pasar Prajekan merupakan pedagang kebanyakan tengkulak. Pasar Prajekan merupakan salah satu pasar di Kota Bondowoso yang menjual ikan pindang yang berkualitas. Pada saat membeli ikan, masyarakat mempertimbangkan beberapa faktor seperti harga, pelayanan dan kondisi kesegaran ikan. Jenis ikan laut yang pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat prajekan adalah ikan tongkol, cakalan, layang, teri dan udang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawyah, R. 2007. Pengolahan dan pengawetan ikan.Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara.

Aditiawarman, B.P 2000.Pengukuran tingkat kepuasan dan identifikasi ketidakpuasan pelayanan (Studi Kasus : Saving and Lending Unit Sucofindo). Skripsi Departemen Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian bogor.

Astawan. 2004. Pemindangan secara tradisonal

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. 2001. Inventarisasi Jenis dan Jumlah Produk Olahan Hasil Perikanan Skala Kecil di Indonesia. Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta
Endang Sri Heruwati. 2002. Pengolahan ikan secara tradisional: Prospek dan peluang pengembangan. Pusat Riset pengolahan produk dan sosial ekonomi kelautan dan perikanan , Jl, K.S. Tahun petamburan VI, Jakarta.

Heruwati, E,S. 2015. Pengolahan Ikan Secara Tradisional.

Nazir M. 1998. Metode Penelitian Jakarta: Ghalia Indonesia PS. 2008. Agribisnis Perikanan. Jakarta Penerbit Penebar Swadaya.

Martasuganda, S, dkk.2003.Teknologi Untuk PemberdayaanMasyarakat Pesisir. Dirjen Pemberdayaan MasyarakatPesisir. Departemen Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Suprapto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Published
2019-11-28
How to Cite
JANNAH, Kholifahtun; SUTRISNO, Sutrisno. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK IKAN PINDANG DI PASAR PRAJEKAN. AGRIBIOS, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 86-91, nov. 2019. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/619>. Date accessed: 06 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v17i2.619.
Section
Articles