ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK BUNGA MELATI(STUDI KASUS DESA TALKANDANG, KECAMATAN SITUBONDO, KABUPATEN SITUBONDO)
Abstract
Era globalisasi memunculkan banyak masalah dari segi persaingan bisinis yang semakin kompetitif termasuk di dalamnya sektor pertanian. Pemasaran produk pertanian sangat berbeda dengan berbagai produk lain sebab mudah rusak dan tidak tahan lama, karenanya para pelaku dibidang ini harus mempertimbangkan berbagai hal di dalam pemasaran yang berimbas pada kepuasan konsumen, dimana hal tersebut sangat menentukan minat beli konsumen. Bunga melati merupakan salah satu komoditas tanaman hias (folrikultura) berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Tanaman ini merupakan salahsatu tanaman yang dibudidayakan secrara intensif oleh sebagian petani di Desa Talkandang Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo lebih dari 50 tahun lalu. Kepuasan konsumen merupakan faktor utama yang mempengaruhi timbulnya minat beli konsumen, karenaya variabel-variabel dalam kepuasan konsumen berupa kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, inovasi produk, ketersediaan produk dan hubungan emosional merupakan aspek yang dikaji guna melihat pengaruhnya terhadap minat beli konsumen akan produk bunga melati di Desa Talkandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam kepuasan berupa berupa kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, inovasi produk, ketersediaan produk dan hubungan emosional berpengaruh terhadap minat beli hanya secara simultan atau bersama-sama. Keenam variabel bebas tersebut mempengaruhi minat beli hanya secara simultan sebesar 35,3%, sedangkan sisanya sebesar 64,7 % dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Downloads
References
Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Universitas Diponegoro: Semarang.
Ghozali. 2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. UNDIP: Semarang.
Gobe, Marc. 2005, Emotional Branding.
Erlangga: Jakarta.
Gujarati, Damodar N. 2006. Ekonometrika Dasar. Erlangga: Jakarta.
Harini. 2008. Makroekonomi Pengantar. PT Gramedia Pustaka: Jakarta.
Husein Umar. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Irawan. 2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan Konsumen. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2012. Principles of Marketing. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Menajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas. PT. Indeks: Jakarta.
Sugiyono. 2000. Statistik Untuk Penelitian. CV. Alfabeta: Bandung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.