Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras IR 64 di Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian beras IR 64 dan proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras IR 64. Penelitian ini dilakukan di Pasar Panji dan Pasar Ardirejo dengan pertimbangan daerah tersebut merupakan salah satu pasar yang memiliki rata-rata konsumen terbanyak di Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei-Juni 2017 dengan metode survei. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang dan semuanya adalah konsumen yang sedang membeli beras IR 64 di pasar tradisional. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan analisis faktor (Uji T, Uji F, Uji Determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan faktor citarasa, faktor kualitas fisik beras, faktor lokasi pembelian, faktor harga, faktor pendapatan, faktor sumber informasi, dan faktor motivasi berpengaruh dalam pembelian beras IR 64, secara parsial hanya faktor harga dan faktor sumber informasi yang berpengaruh dalam pembelian beras IR 64. Hasil penelitian Proses pengambilan keputusan pembelian beras IR 64 oleh konsumen melalui semua tahap, yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian, menunjukkan bahwa semua tahap sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian beras IR 64 di pasar tradisional.
Downloads
References
Badan Ketahanan Pangan. 2015. Laporan Kinerja Tahun 2014. Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Badan Pusat Statistik. 2008. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Padi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.
Dermawan Wibiosono. 2003. Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Dwi Priyatno.2009. Mandiri Belajar SPSS. Mediakom. Yogyakarta.
Engel, J. F.,Roger D. Blackwell dan Paul W. Minniard. 1995. Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara. Jakarta.
Gilarso, T. 2001. Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Kanisius.Yogyakarta.
Ikasari, Dhita Morita, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Beras Organik. Jurnal Teknologi Pertanian Volume 17 No.1 April 2016.
Kementerian Pertanian. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019. http://www.pertanian.go.id/file/RENSTRA_2015-2019.pdf. Diakses pada tanggal 01 Februari 2017.
Kotlera, Philip dan Amstrong, Garry. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Damos Sihombing (penerjemah). Erlangga. Jakarta.
_______b2007. Prinsip-prinsip Pemasaran. Bob Sabran (penerjemah). Erlangga. Jakarta.
Mevita, Afrida Shela. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya Volume 2 No.9 Tahun 2013.
Mowen, John dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.
Mulyo, Joni Murti dan Widodo, Agung. 2010. Perilaku Konsumen Pada Pembelian Beras Bermerek di Kabupaten Jember. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Volume 4 No.3 November 2010.
Nazir, Mohammad. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Peter, Paul J dan Olson. 1999. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Cetakan Keempat. Erlangga, Jakarta.
Soekarwati. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Rajawali. Jakarta.
Subagyo. 2010. Buku Sederhana Memahami Prinsip-prinsip Perlindungan Konsumen. Surabaya.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
_______b2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suharyadi dan Purwanto. 2004. “Statistik untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2”. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
_______b. 2011. “Statistik untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2”. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Tisnawati, Ni Made. 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Beras Organik di Kota Denpasar. Universitas Udayana Volume 11 No.1 Juli 2015
Winardi. 1989. Aspek-aspek Bauran Pemasaran. Mandar Maju. Bandung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.