STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN CACING TANAH (LUMBRICUS) DI CV. BIRU LANGIT (STUDI KASUS DI DESA MANGARAN KECAMATAN MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO)
Abstract
Cacing tanah selama ini yang dipresepsikan oleh masyarakat hanya sebagai hewan penggembur tanah dan untuk dijadikan umpang pancing, ternyata bisa dijadikan lahan bisnis. Cacing ini mudah untuk dikembangbiakkan, pemberian makan dan dalam hal perawatan (maintenance). CV. Biru Langit merupakan salah satu usaha dalam negri yang bergerak di bidang peternakan budidaya cacing tanah (Lumbricus). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran usaha budidaya cacing tanah dan menganalisa strategi pengembangan dan peningkatan daya saing pada usaha ternak budidaya cacing tanah di CV Biru Langit. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di CV. Biru Langit. Data yang dikumpulkan dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan marketing mix dan analisa SWOT. Strategi Pengembangan peternakan cacing tanah dengan menggunakan seluruh kekuatan dan peluang yang ada yaitu peternak mempertahankan harga jual produk yang bersaing dan mempertahankan kualitas produk serta pelayanan yang baik kepada konsumen.
Downloads
References
David Agung Cahya, 2003 Tabel Model Matriks EFE, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor
Drs. Mahmud Mustofa, 2014 Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara strategi pengembangan usaha pembesaran ikan mas pada posisi pengembangan usaha pembesaran Ikan Mas berada di kuadran 1
Fajar Heirizwan, 2014. Dalam Fajarwulan. Analisis Efesiensi Pemasaran Cacing Dikecamatan Pagelaran Provinsi Lampung. Skripsi, Jurusan Manajemen Bisnis. Institut Pertanian Bogor.
Kamil, 1979. Pengaruh Pemberian Makan Cacing Pada Proses Pertumbuhan. Tesis S1, Jurusan Budidaya Pertanian, Faperta Unibraw, Malang.
Kotler Dan Armstrong, 2009. Manajemen Pemasaran Cacing Tanah, Karanganyar, Jawa Tengah. Skripsi, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.
Lamb, 2001. Pembibitan Cacing. Bogor. Institut Pertanian Bogor
Rizwan Nazaruddin, 2011 Analisis Strategi Pemasaran Peternakan Ayam CV Intan Jaya Abadi Sukabumi, Jawa Barat.
Soekartawi, 1991. Strategi Pengembangan Bisnis Bibit Cacing Tanah, Jurusan Agtribisnis, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Sudiyono, Armand. 2004. Manajemen Pemasaran. Malang. Universitas Muhammaddiyah Malang.
Sofyan, 2004. World Agroforestry Centre, 2006. Prastowo N, J.M. Roshetko. 2006. Tehnik pengembangbiakan cacing dan Winrock International. Bogor, Indonesia.
Soetrisno, 2003. Faktor-faktor Saluran Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sutopo, 2002. Strategi Pengembangan Bisnis Bibit Cacing (Kasus PT. Sarbi Moerhani Lestari, Bogor). Laporan Magang, Jurusan Agtribisnis, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Tonni Kusuma, 2013 Strategi Pemasaran Sapi Potong di CV Septia Anugerah Jakarta CV Septia Anugerah adalah salah satu perusahaan sapi potong di Indonesia yang bergerak dalam usaha sapi potong. Di Jawa Barat.
Walter, 1977. Dalam Basuswastha, 1981. Manajemen Pemasaran Cacing Tanah di Karanganyar, Jawa Tengah. Skripsi, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.