ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK OLAHAN RENGGINANG (STUDI PADA UD. SARWANI DESA GELUNG KECACAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO)

  • Muhammad Hendra Priyono Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Gema Iftitah Anugerah Yekti Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting bagi keberadaan, kelangsungan, dan perkembangan perusahaan. Saat ini banyak perusahaan yang semakin memahami arti penting dari kepuasan konsumen, dan menjalankan strategi guna memberikan kepuasan bagi konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga, service quality, emotional factor, dan biaya terhadap kepuasan konsumen pada produk olahan rengginang UD. Sarwani. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode teknik aksidental sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kualitas produk, harga, service quality, emotional factor, dan biaya berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada produk olahan rengginang UD. Sarwani di Kabupaten Situbondo. Variabel yang dominan yaitu harga. pengujian statistik dengan menggunakan metode uji F, diketahui nilai Fhitung 11,474 > Ftabel 2,430 dengan tingkat signifikan yang diperoleh 0,000< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan konsumen pada produk olahan rengginang UD. Sarwani di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djarwanto, PS dan Pangestu, Subagyo. 2005. Statistik Induktif, Edisi keempat. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Rachman, B. dan Sumedi. 2002. Kajian Efisiensi Manajemen dalam Pengelolaan Agroindustri dalam Analisis Kebijakan: Paradigma Pembangunan dan Kebijaksanaan Pengembangan Agroindustri. Monograph Series No.21. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian Bogor.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2021-06-29
How to Cite
PRIYONO, Muhammad Hendra; YEKTI, Gema Iftitah Anugerah. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK OLAHAN RENGGINANG (STUDI PADA UD. SARWANI DESA GELUNG KECACAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO). AGRIBIOS, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 44-52, june 2021. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/1007>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v19i1.1007.
Section
Articles