ANALISIS MANAJEMEN PASAR TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR MODERN

  • Hasan Muchtar Fauzi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Arus globalisasi pasar bebas menyebabkan persaingan bisnis semakin kompleks. Pasar modern semakin pesat perkembangannya, seperti halnya Alfamart dan Indomart yang telah menjamur keberadaanya hingga kepolosok desa, mereka menawarkan model berbelanja secara praktis dan menyenangkan bagi konsumen, karena bidikan mereka semua lapisan masyarakat. Implikasinya pasar tradisional kalah bersaing dan semakin tidak diminati oleh masyarakat, karena dari segi sarana, pelayanan serta kualitas barangnya kalah bersaing dengan pasar modern. Akibatnya daya beli masyarakat terhadap pasar tradisional menurun tiap tahunnya. Oleh sebab itu pasar tradisional dituntut untuk bersaing dengan pasar modern. Maka perlunya pembenahan terhadap pasar tradisional di wilayah Situbondo dan diantaranya adalah pasar Sumberkolak. Peran Pemerintah Daerah sangat diperlukan dalam mengambil langkah kebijakan pengelolaan pasar. Begitu juga kreativitas pedagang dalam mengembangkan dan menjalankan usaha dagangnya. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pengelolaan pasar tradisional Sumberkolak di Situbondo belum menciptakan sistem pengaturan yang komprehensip dan tidak konsisten penerapannya. Sehingga berdampak pada ketidakberdayaan para pedagang akibat dari semakin kuatnyapengembangan pasar modern. Begitu pun juga pelaku pasar itu sendiri yang kura kreatif dalam menjalankan usaha bisninya.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu dilakukan perubahan paradigma pengelolaan pasar, dimana pasar tradisional ditempatkan sebagai investasi jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan dan mendistribusikan capital bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu peraturan yang terkait dengan pengelolaan pasar harus ditegakkan konsisten. Oleh karena itu pembenahan pasar tradisional harusdilakukan bersama – sama, baik oleh pengelola pasar itu sendiri maupun pihak pedagang yang harus kompetitif dalam menjalankan persaingan bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahluwalia. 2010. Perkuat Implementasi Kebijakan. [http://m.inilah.com].
Arief. 2007. Nasib Pasar Tradisional Di Era Modern. Jakarta. [http://katawaktu.multip] y.com].
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 1987. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bogdan, R.C. dan Biklen, S.K. 1998. Qualitative Research. Boston: Allyn dan Bacon
Bungin, Burhan. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Terj. Samodra Wibawa dkk. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Dharmmesta, B.S. dan Handoko, H.1982, Maraajemen Pemasaran: Arurli.sis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada.
Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Organi.sa.si dan Motivasi. Dasar Perningkatan Produktivitas. Cetakan ke-5. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Hasbulloh, 2008. Manajemen dan Pengembangan Organisusi. Disampaikan pada kegiatan upgrading pengurus (BEM FE UNPAK). [http://hasbulloh.multiply.com]
Indrakh, 2007. Pasar Tradisional Ditengah Kepungan Pasar Modern. [http://indrakh.wordpress.com]
Islamy, M. Irfan. 1988. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Cetakan ke-3. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Jurnal Penelitian Koperasi dan UKM Nomor l tahun 2006: Penelitian, Dampak Keberadaan Pasar Modern (Supermarket dan Hypermarket) Terhadap Usaha Ritel Koperasi / Waserba dar2 Pasar Tradisional. [www.smecda.com]
Juwita, Irama. 2005. Gambaran Umum Manajemen. Materi Ujian Tengah Semester. [juwita.staff. gunadarma.ac.id].
Kia's site. 2008. Memahami Belenggu Pelayanan Publik Birokrasi. [http://kiasite.blogspot.com]
Listiani,Wanda.2009. Fleksibilitas Pasar Tradisional. Bandung: [http://www. scribd. com].
Majid, Abdu1.2008. Pengertian, Konsep, Dejinisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. [http://majidbsz.wordpress.com]
Miles, M.B, dan Huberman, M. 1984. Qualitative Data Analisys A Sourcebook of New Method. Baverly I Hills London New Delhi: Sage Publication.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi penelitian Kualitatif Bandung: PT.Remaja Rosadakarya.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosadakarya Offset
Mursid, M. 1997. Manajemen Pcmasaran. Bekerja Sama dengan Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi. Universitas Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Napitupulu, Albert. 2008. Masa Depan Pasar Tradisional. [http//pdpasartohaga.wordprcss.com]
Nawawi, Hadari. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogjakarta: UGM Press Pascarina, Carolina dkk. 2007. Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Pasar di Kota Bandung. Pusat Penelitian Kebijakan Publik Dan Pengembangan Wilayah.. LEMLIT UNIVERSITAS PADJADJARAN. Bandung. [pustaka.unpad.ac.id].
Pikiran Rakyat.2007. Pedagang Pasar Tagih Janji SBY. APPSI Siap Melakukan Aksi Besar – Besaran. Bandung. [www.pikiran-rakyat.com]
Pilyang, Aderiksa. 2010. Masadepan Pasar Tradisional. Galery Ilmu-Ilmu. [http://aderiska-pilyang.blogspot.com]
Prabu, Rama.2008. Reposisi Kemitraan Pasar Tradisional – Modern. Jakarta. [http://ramaprabu.multiply.com]
Rahmawati Dwi, Putri. 2010. Definisi Pengertian Pasar. Sekushii is mine. [http://depewblew2dutz.blogspot.com]
Sadeli, Lili M. dan Ukas M. 2000. Pengantar Bisnis. Ilmu Menjual. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Soelaeman, T. Henni.2007. Saatnya Belanja Nyaman Di Pasar Tradisional. Jakarta. [http://202.59.162.82/cetak.com]
Sugiono. 1997. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Suryadarma, Daniel dkk. 2007. Dampak Supermarket terhadap f'asar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia. SMERU. [www.smeru.or.id]
Viklund, Andreas. 2009. Jurnal Manajemen, Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, Bahan Kuliah Manajemen. [http://jurnal-sdm.blogspot.com]
Wahab, A. Solichin. 1990. Pengantar Analisis Kebijaksarlaan Negarcr. Cetakan ke-1. Jakarta. Rineka Cipta.
Widodo, Joko. 2007. Analisis Kebijakan Publik. Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang. Bayu Media Publishing.
Wikipedia. Manajemen. [http://id.wikipedia.org].
2008. Program Pasar Berseri. Draf Final Panduan Pasar Berseri. [www.menlh.go.id]
..........2001. No.49. Salinan Peraturan Daerah Tetang Retribusi Pasar.. Situbondo: Kabupaten Situbondo. Dinas Pendapatan Daerah
............2007. No.112. Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Jakarta: Peraturan Presiden Republik Indonesia.
............2008.No.53/M-DAG/PER/12. Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.Jakarta: Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia.
Published
2023-11-27
How to Cite
FAUZI, Hasan Muchtar. ANALISIS MANAJEMEN PASAR TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR MODERN. ACTON, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 40-51, nov. 2023. ISSN 2986-2655. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/acton/article/view/4101>. Date accessed: 14 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/acton.v19i2.4101.
Section
Articles