IMPLEMENTASI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PENGELOLAAN PASAR RAKYAT BERSTATUS STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) DI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Penerapan SNI pasar rakyat di Indonesia masih sangat minim, dari 5.252 pasar rakyat yang telah direvitalisasi hanya ada 35 pasar yang lolos mendapatkan SNI. Kabupaten Situbondo sebagai kabupaten dengan penerap SNI terbanyak di Jawa Timur sebanyak 3 pasar diantaranya pasar Kapongan, pasar Mangaran dan pasar Curah Kalak, namun dalam implementasinya masih banyak yang belum sesuai dengan peraturan yang ada. Tujuan penelitian antara lain (1) menganalisis tingkat kesesuaian implementasi pasar rakyat dengan SNI pasar rakyat 2021, (2) mengidentifikasi atribut pelayanan yang memiliki nilai gap negatif dari persepsi pedagang dan pembeli, (3) merumuskan alternatif dan menetapkan prioritas strategi yang sesuai dan dapat direkomendasikan untuk pengembangan pengelolaan pasar rakyat di Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik. Hasil penelitian menyatakan bahwa untuk (1) menghadapi resertifikasi penilaian kesesuaian perlu dilakukan dengan mengacu pada SNI pasar rakyat 2021 sehingga pasar rakyat berstatu SNI di Kabupaten Situbondo dinyatakan belum masuk kategori mutu pasar tipe 4. (2)Tingkat kepuasan masyarakat adalah terdapat 13 atribut dari penilaian pedagang dan 7 atribut dari penilaian pembeli yang dinilai tidak memuaskan.(3) Strategi prioritas perbaikan melalui integrasi SERVQUAL dan model kano mendapatkan 11 atribut dari persepsi pedagang dan 8 dari persepsi pembeli harus di tingkatkan.
Downloads
References
Anggraini, Gita. 2017. Standar Revitalisasi Pasar Tradisional Di Indonesia (Studi Kasus Pasar Tradisional Di Kota Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil. 6(1):12-22
Ayuningsari, 2010. Analisis Faktor Penentu Preferensi Konsumen dalam Berbelanja ke Pasar Tradisional di Kota Denpasar: Analisis Faktor. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan : Vol (2) 158-162
Falimantik, Annisa. 2020. Analisis Strategi Pengembangan Pengelolaan Pasar Rakyat Cisalak Kota Depok. The international journal of business and management. ISSN 2321-8916. Vol 8 Issue 2
Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik. 2018. Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern Tahun 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Badan Standarisasi Nasional. 2015. Peraturan Kepala Badan Standarisasi Nasional Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Skema Sertifikasi Pasar rakyat
Badan Standarisasi Nasional. 2021. Peraturan Kepala Badan Standarisasi Nasional Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Skema Sertifikasi Pasar rakyat
Badan Pusat Statistik. 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta : Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. 2016. Provinsi Jawa Timur dalam Angka. Surabaya: BPS Provinsi Jawa Timur.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. 2014. Provinsi Jawa Timur dalam Angka. Surabaya: BPS Provinsi Jawa Timur.
Desiawan, Victor. 2010. Penerapan QFD dengan mengadopsi Penggabungan Metode Service Quality dan Kano Model dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan pada Bengkel Resmi ATPM. Thesis. Universitas Indonesia.
Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo
Grindle, Merilee S. 1980. Politics And Policy Implementation In The Third World, Princnton University Press, New Jersey.
Herdiansyah, Haris. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogjakarta. Gavamedia
Huda, Mahmudatul. (2017). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano di Perpustakaan Universitas Kadiri. Jatiunik:1(1) hal 30-39
Jones, Charles O. 1994. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prahallindo
Malano, Herman.2011. Selamatkan Pasar Tradisional: Potret Ekonomi Rakyat Kecil. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mazur, G. 1993. QFD for service industries from voice of customer to task development. The Fifth Symposium on Quality Function Deployment. 1-17.
Nasution, M. N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor:Ghalia Indonesia.
Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
Nugroho A, Baga L, Iskandar B. 2017. Strategi pengembangan bisnis PT. Pelayaran Bahtera Adhiguna dalam industri pelayaran. Jurnal Penelitian Perikanan Laut. 1(3):321-336
Nugroho, Riant. 2009. Public policy. Jakarta: elex media komputindo. Hal.132.
Nugroho, Riant. 2012. Public policy. Kompas. Gramedia, Jakarta.
Oliver, Richard L. (1997). Ehence Consumer Loyalty. Journal of Marketing. Vol 63 :33-44
Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and its Implication. Journal of Marketing. 49(3):41-50
Parwati N, Martinus R. 2011. Usulan peningkatan kualitas pelayanan PT. X dengan model servqual dan kano. Jurnal Inovasi. 7(1):33-39.
Peraturan Menteri Kesehatan No. 15/2013 tentang fasilitas khusus menyusui dan memerah ASI.
Peraturan Menteri Perdagangan 37/M-DAG/PER/5/2017 tentang Pasar Modern.
Peraturan Menteri PU No. 30/2006 tentang pedoman teknis fasilitas dan aksesibilitas pada bangunan gedung dan lingkungan.
Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.
Pasalong, Habani. 2011. Implementasi Program. Bandung: Alfabeta. Hal 58.
Ramadhan, Irwinsyah. 2014. Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Publik Di Kelurahan Bungur Jakarta Pusat. SKRIPSI. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang
Rahmawati, Zahara Dwi (2022). Implementasi Sni 8152 Tahun 2015 Tentang Pasar Rakyat Terhadap Pedagang Di Pasar Bringin Perspektif Mashlahah Mursalah. Jurnal Ekonomi Islam. Vol 23 No 1 86-95
Rembulan, 2022. Integrasi Metode IPA dan Model Kano dalam Menganalisis Kualitas layanan Toko roti di Unit Sunter. JIOM: Vol 5. No 01, 1-14
Paryatno (2020). Evaluasi Kesesuaian Pasar Rakyat Kabupaten Bogor Berbasis Kebutuhan Pengguna. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 14(2), 305-324.
Shen, X. 2000. An Integrated Approach to Innovative Product Development using Kano’s Model and QFD. European Journal of Innovation Management. 3(2):91-99
Sugiarto. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif :Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : CV Solusi Distribusi.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistyo, Heru. (2011). Implementasi QFD dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar Tradisional. Jurnal Siasat Bisnis. 15(2):157-169
Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta (ID): Buku Seru.
Suparpto, Heru. 2022. Analisis Kesesuaian Kualitas Pasar SNI 8152 Pasar Rakyat Pada 3 Pasar di Kutai Kartanegara. Jurnal ekonomi dan Manajemen Indonesia. Vol (22) no 1 : 83-95
Syahidan, Muhammad. 2018. Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Analisis Kebutuhan Pelanggan Pospay Kota Bandung Menggunakan SERVQUAL, Model Kano, dan Teknik Triangulasi. Jurnal Rekayasa Sistem&Industri. Vol 2(1) : 60-64
Tjiptono, F. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Bandung: CV Alfabeta
Tjiptono, F. 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogjakarta: Andy
Trilestari, Endah. 2004. Model Kinerja Pelayanan Publik dengan Pendekatan System Thinkinks and System Dinamics. Disertasi. Depok: Fisip IU
Ulrich K, Eppinger S. 2012. Product Design and Development. 4th ed. New York (US):Mc Graw Hill Book.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.
Wahab, Solichin. 2001. Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Rineka Cipta.
Wang T, Ji P. 2010. Understanding customer needs through quantitative analysis of Kano‟s Model. International Journal of Quality and Reliability Management. 27(2):173-184.
Wasistiono, Sadu. (2002). Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah. Bandung:Fokusmedia.
Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano. Indeks:Jakarta Barat
Wibowo, R. 2007. Revitalisasi Komoditas Unggulan Perkebunan Jawa Timur. Jakarta:Perhepi.
Zeithaml V, Parasuraman A, Berry L. 1985. Problems and Strategies in Service Marketing. Journal of Marketing. 64(1):12-40