KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS ASEMBAGUS DAN KEPUASAN PASIEN DI KECAMATAN ASEMBAGUS KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Kesehatan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua makhluk hidup di muka bumi ini. Karena kondisi tubuh yang sakit, akan membuat seseorang menjadi tidak produktif, karena itu, kesehatan adalah kebutuhan utama bagi setiap manusia. sehingga diperlukan adanya pelayanan kesehatan yang layak. Hal ini menjadikan lembaga kesehatan dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar lebih baik, salah satunya adalah puskesmas yang ada di masing-masing kecamatan. Puskesmas merupakan organisasi fungsional yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat tertentu dalam bentuk usaha-usaha kesehatan setiap orang. Sedangkan fungsi puskesmas di antaranya adalah menyembuhkan penyakit dan pemulihan kesehatan perorangan, memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit. Puskesmas memberikan pelayanan yang berkualitas agar dapat memberikan rasa puas pada masyarakat/pasien. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini bertujuan ingin melihat adanya keterpengaruhan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien yang dilakukan oleh Puskesmas Asembagus Kabupaten Situbondo, dan mengetahui berapa besarnya pengaruh tersebut. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Asembangus Kabupaten Situbondo dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah pasien Puskesmas Asembagus secara isendetil berjumlah 41 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien halmana diperoleh Fhitung sebesar 5,685 > Ftabel = 4,09. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 2,384 (lebih besar daripada t tabel=2,02). Nilai R2 sebesar 0,127 (12,7%), menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel kualitas pelayanan mampu menjelaskan sebesar 12,7% variasi kepuasan pasien di Puskesmas Asembagus Kabupaten Situbondo, sedangkan sisanya sebesar 87,3% dipengaruhi oleh faktor varibel lainnya.
Downloads
References
Alamsyah. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Anita, Betri dkk. 2019. Puskesmas dan Jaminan Kesehatan Nasional. Yogyakarta:CV Budi Utama.
Engkus. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.Bandung. Jurnal Governansi, p-ISSN 2442-3971 e-ISSN 2549-7138, Volume 5 Nomor 2, Oktober 2019
Gudono. 2017. Analisis Data Multivariat. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis BPFE
Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media
Harbani Pasolong, M., 2017. Teori Administrasi Publik. In: Bandung: Alfabeta
Keban, Yeremias T. (2014). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu, Ed.3. Yogyakarta: Gava Media.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali
Lupioyadi. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Paranoan, Selmita. Dkk. 2022. Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik. Bandung: Media Sains Indonesia
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian. Jakarta : Kesaint Balanc.
Rusydi, & R, T. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Sasongko, Sambodo Rio.2021. Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Universitas Terbuka. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT). Volume 3, Issue 1, September 2021.E-ISSN 2686-4924 P-ISSN 2686-5246
Sudaryana, Bambang, dkk. . 2022 Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish
Sugiyono. 2018.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suyono. 2018. Analisa Regresi Untuk Penelitian. Yogjakarta: Deepublish (CV Budi Utama)
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Wahyuningtyastutik. 2020. Kualitas Pelayanan Pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Asembagus, Kabupaten Situbondo. Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober. Vol 4 No 10. Surabaya: Lembaga Diklat dan Penelitian Kresna Bina Insan Prima
Widarjono, Agus. 2013. Ekonometrika: Pengantar dan aplikasinya. Jakarta: Ekonosia
Vanchapo, Antonius Rino dan Magfiroh. 2022. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien. Tulungagung: Tata Mutiara Hidup Indonesia
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran
UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Zaniarti, D.2011. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD Salatiga. Skripsi. Tersedia di:lib.unnes.ac.id/10864/1 /10148.pdf.
https://news.unair.ac.id/2022/01/04/kepuasan-pasien-sebagai-indikator-mutu-dalam-pelayanan-kesehatan/?lang=id