Kepastian Hukum Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pendidikan Hukum

  • Tegar Pratama Basuki Putra Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sapto Hermawan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah mengubah pendidikan hukum melalui pembelajaran adaptif, evaluasi otomatis, dan integrasi teknologi dalam kurikulum nasional. Namun, pemanfaatan AI di Indonesia masih menghadapi persoalan kepastian hukum karena belum adanya regulasi khusus yang mengatur tanggung jawab, keabsahan akademik, perlindungan data pribadi, serta minimisasi jejak karbon digital yang menjadi bagian dari prinsip pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual untuk menelaah pengaturan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta kebijakan nasional terkait lingkungan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka hukum yang ada masih parsial sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum dan risiko bias algoritmik dalam pendidikan hukum. Penelitian ini menegaskan perlunya regulasi dan sistem sertifikasi penggunaan AI untuk menjamin akuntabilitas, validitas akademik, serta keselarasan dengan prinsip keberlanjutan.

References

Abidin, M. (2021). Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282
Alamin, Z. (2023). Peningkatan Pendidikan Islam Melalui Pemanfaatan Platform Edukasi Berbasis Kecerdasan Buatan. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 14–22. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1353
Alfarizi, M. (2024). Masa Depan Manajemen Pendidikan Indonesia: Era Society 5.0, Bab 8 Evolusi Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Teknologi, Etika, dan Akselerasi Indonesia. In BRIN (Vol. 0). https://doi.org/10.55981/brin.1354.c1061
Anam, R. S., Gumilar, S., Ainie, I. N., & Wibowo, F. A. (2025). Tren dan Tantangan Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Analisis Artikel pada Jurnal Terakreditasi Nasional. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 1061–1075.
Ashley, K. D. (2017). Artificial Intelligence and legal analytics: New tools for law practice in the digital age. In Artificial Intelligence and Legal Analytics: New Tools for Law Practice in the Digital Age. https://doi.org/10.1017/9781316761380
Dwitama Nugeraha, Z. A., & Muthohar, M. F. (2025). Analisis Integrasi Artificial Intelligence terhadap Hak Kekayaan Intelektual: Pertanggungjawaban Hukum Mengenai Hak Kekayaan Intelektual atas Penggunaan AI Dalam Pembuatan Karya Cipta. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 4(02), 278–286. https://doi.org/10.58812/jhhws.v4i02.2044
Firyalfatin. (2025). Risiko Sosial-Etika Mengintai, Regulasi AI Indonesia Masih Tambal Sulam. Www.Hukumonline.Com. https://www.hukumonline.com/berita/a/risiko-sosial-etika-mengintai--regulasi-ai-indonesia-masih-tambal-sulam-lt68dba03af1c9d/?page=all
Gohr, C., Rodríguez, G., Belomestnykh, S., Berg-Moelleken, D., Chauhan, N., Engler, J. O., Heydebreck, L. V., Hintz, M. J., Kretschmer, M., Krügermeier, C., Meinberg, J., Rau, A. L., Schwenck, C., Aoulkadi, I., Poll, S., Frank, E., Creutzig, F., Lemke, O., Maushart, M., … von Wehrden, H. (2025). Artificial Intelligence in sustainable development research. Nature Sustainability, 8(8), 970–978. https://doi.org/10.1038/s41893-025-01598-6
Grace, Y., benardi, Permana, N., & Wijayanti, F. (2023). Transformasi Pendidikan Indonesia: Menerapkan Potensi Kecerdasan Buatan (AI). Journal of Information Systems and Management, 2(6), 102–106.
Haetami, H. (2025). AI-Driven Educational Transformation in Indonesia: From Learning Personalization to Institutional Management. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(2), 1819–1832. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i2.7448
Harahap, I. P., Busyro, M., & Faisal, M. (2025). Analisis Etika dan Legalitas Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pengambilan Keputusan Hukum. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 6196–6204. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/25455
Hasanah, U., Putra, R. W. P., Dzulfikri, D., & Mistar, J. (2025). Who programs the teacher? Rethinking bias and inclusion in AI-powered Indonesian classrooms. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 6(2), 330–341. https://doi.org/10.33474/j-reall.v6i2.23880
Idris, M. F., & Kossay, M. (2025). Legal Accountability of Algorithmic Bias : Examining the Role of Law in Preventing Discriminatory AI Decisions. International Journal of Law and Society, 2(2), 244–256. https://doi.org/10.62951/ijls.v2i2.521
Isra, S. (2025). Seminar Konstitusi: Dialektika Konstitusi: Refleksi UUD NRI Tahun 1945 Menjelang 25 Tahun Reformasi Konstitusi. MPRGOID. https://www.youtube.com/watch?v=S2hRCBbAnSY&list=LL&index=1&t=2445s
Julyano, M., & Sulistyawan, A. Y. (2019). Pemahaman Terhadap Asas Kepastian Hukum Melalui Konstruksi Penalaran Positivisme Hukum. Jurnal Crepido, 01(01), 13–22.
Kim, K., & Kwon, K. (2023). Exploring the AI competencies of elementary school teachers in South Korea. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4(April), 100137. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100137
Kirana, K. B., & Silalahi, W. (2025). Tantangan Regulasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Perspektif Hukum Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 1807–1817. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i6.2711
Klemettilä, P. A., Sharma, S., Mochiyama, F., Iivari, N., Iwata, M., & Koivisto, J. (2025). “It’s Just a Machine that Predicts” - Demystifying Artificial Intelligence / Machine Learning with Teenagers. Proceedings - 24th Annual ACM Interaction Design and Children Conference, IDC 2025, 168–182. https://doi.org/10.1145/3713043.3728853
Lee, D., Hwang, J.-Y., Lee, Y., & Kim, S.-W. (2022). Informatics and Artificial Intelligence (AI) Education in Korea: Situation Analysis Using the Darmstadt Model. Journal on Informatics Visualization, 6(June), 427–444. www.joiv.org/index.php/joiv
Masithoh, M. Q. D., Hakim, H. A., Praja, C. B. E., & Iswanto, B. T. (2023). AI in Law: How Artificial Intelligence Is Transforming the Legal Profession in Indonesia. Justitia Jurnal Hukum, 7(2), 137–152. https://doi.org/10.30651/justitia.v7i2.17832
Masudianto, D. N., & Barthos, M. (2025). Optimization of Personal Data Rights Protection in Artificial Intelligence Era Under Indonesia’s Cybersecurity Law. Interdiciplinary Journal and Hummanity (INJURITY), 4(7), 452–462. https://doi.org/10.58631/injurity.v4i7.1451
Maulidah, N., Sapriya, & Supriatna, N. (2023). Desain Pedagogi Kreatif Berbasis Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran IPS SD Untuk Menstimulasikan Kebiasaan Berpikir Kreatif. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 338–351.
Mertala, P., Fagerlund, J., & Calderon, O. (2022). Finnish 5th and 6th grade students’ pre-instructional conceptions of Artificial Intelligence (AI) and their implications for AI literacy education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3(August), 100095. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100095
Nurhayati, Y., Ifrani, & Said, My. (2021). Metodologi Normatif Dan Empiris Dalam Perspektif Ilmu Hukum. Jurnal Penegakan Hukum Indonesia (JPHI), 2(1), 1–20.
OECD. (2024). The Potential Impact Of Artificial Intelligence On Equity And Inclusion In Education. OECD ARTIFICIAL INTELLIGENCE PAPERS, 23, 2–51.
Oktavian, R., Aldya, R. F., & Arifendi, R. F. (2024). Artificial Intelligence Dan Pendidikan Era Society 5.0. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 143–150. https://doi.org/10.33366/ilg.v6i2.5798
Pamungkas, F. H., Nasution, A. F., Khairi, M. A., & Maulana, M. R. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Teknologi Artificial Intelegence (AI). Cemara Journal Publising Your Creative Idea, II(III), 39–48.
Pangaribuan, F. M., & Shara, M. C. P. (2025). Keterbatasan Pengaturan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia : Dampak Hukum dan Peran Pemerintah. Jurnal Kertha Desa, 13(8), 606–618.
Pardiwalla, A., Zhou, N., Kurniawan, H., & Tampubolon, C. (2023). Decoding The Potential Of AI-Driven Growth In Indonesia. Www.Oliverwyman.Com. https://www.oliverwyman.com/our-expertise/insights/2024/oct/unlocking-potential-of-ai-driven-growth-in-indonesia.html?utm_source=chatgpt.com
Puteri, D. S. (2024). Making Indonesia Sustainable: Shaping the Law to Reduce Digital Carbon Footprint. Indonesian Journal of Advocacy and Legal Services, 6(1), 77–102. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijals.v6i1.78500
Quddus, M. S., Nufitasari, M., Suraya, I., & Putranti, D. (2025). Legal Challenges in the Development of Green AI to Support Indonesia’s National and International Commitments to Sustainable Technology. Hukmuna: Journal of Law and Policy, 1(2), 69–77.
Rissland, E. L. (1988). Artificial Intelligence and Legal Reasoning: A Discussion of the Field and Gardner’s Book. AI Magazine, 9(3), 45–45. https://ojs.aaai.org/aimagazine/index.php/aimagazine/article/view/942
Romadona, H. G. (2025). Artificial Intelligence-Based Surveillance and Labor Privacy in Indonesia: A Progressive Legal Perspective on Workers’ Rights. Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 5(4), 895–901.
Rosyadi, S. Y., & Hoesein, Z. A. (2025). Pembaruan Hukum di Era Digital: Aspek Hukum terhadap Validitas Hasil Analisis Artificial Intelligence Sebagai Alat Bukti Dalam Penegakan Hukum Pidana Pertambangan. Judge : Jurnal Hukum, 6(03), 563–577. https://doi.org/10.54209/judge.v6i03.1569
Saragih, R. R. (2025). Sistem Rekomendasi Belajar Mandiri Menggunakan Generative AI Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa Informatika. Saturnus: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(3), 92–102.
Scholin, C. (2025). Oceanography in the Age of Intelligent Robots and a Changing Climate. Oceanography, 38(3), 60–74. https://doi.org/10.5670/oceanog.2025.e310
Supriyatmoko, Anam, K., & Kurniawan, W. (2025). Model Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan: Peluang Dan Tantangan Dalam Mewujudkan Pendidikan Personalisasi. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 5(1), 36–45.
Suryadarma, F. R., & Suwandi, P. (2024). Tantangan Dan Peluang Dalam Implementasi Pendidikan Hukum Bagi Generasi Muda Dalam Mewujudkan Keadilan Keberlanjutan Di Indonesia. PROSIDING SENADIKA: Seminar Nasional …, 123–130. https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5787%0Ahttps://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/download/5787/4321
Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 602–615. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2324
Wijaya, R., Kosala, G., & Waluyo, T. (2023). Dunia Baru Pendidikan Di Era Metaverse Untuk Guru Sma Muhammadiyah Cileungsi. Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 2(2). https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18681
Wijayanto, A., & Lani, A. (2019). Pembuatan Software Pemanduan Minat Bakat (PEMIKAT) Olahraga Pada Anak Sltp Berbasis Artificial Intelegence. Jurnal Sains Keolahragaan & Kesehatan, IV(2), 47–58.
Wulandari, Y. S. (2025). Kecerdasan Buatan Dan Perlindungan Data: Analisis Regulasi Yang Adil Untuk Sistem Hukum Indonesia. The Juris, 9(1), 24–31. https://doi.org/10.56301/juris.v9i1.1518
Yanto, O. (2025). Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Hukum. Jurnal Hukum & Pembangunan, 54(4). https://doi.org/10.21143/jhp.vol54.no4.1732
Yasa, I. M. A., Agustini, K., Dantes, G. R., & Sudhata, I. G. W. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Matematika: Tinjauan Sistematis Tentang Implementasi Kecerdasan Butaan Dalam Pembelajaran Matematika. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 23(1), 103–114.
Zulfikar, P. (2023). Pengaruh Teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap Perkembangan Pendidikan Hukum di Indonesia. Journal on Education, 06(01), 10716–10722. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/4855%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/4855/3800
Published
2025-11-25
How to Cite
BASUKI PUTRA, Tegar Pratama; HERMAWAN, Sapto. Kepastian Hukum Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pendidikan Hukum. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 285-297, nov. 2025. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/7527>. Date accessed: 06 dec. 2025.